Search

Rakornas BNPB, Jokowi: Harus Ada Perencanaan Matang soal Kebencanaan

SURABAYA, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada seluruh kepala daerah untuk membuat perencanaan matang tentang kebencanaan. Setiap rancangan pembangunan ke depan harus dilandaskan pada aspek-aspek pengurangan risiko bencana.

Pesan ini disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di JX International, Surabaya, Sabtu (2/2/2019).

Jokowi mengatakan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di tiap-tiap daerah harus tahu peta rawan bencana. Ini penting agar pemerintah daerah tidak keliru setiap kali menyusun perencanaan pembangunan.

“Di mana daerah dilarang, di mana daerah yang diperbolehkan, Bappeda harus tahu. Rakyat harus betul-betul dilarang untuk masuk ke dalam tata ruang yang memang itu sudah diberi tanda merah. Artinya mereka harus taat dan patuh kepada rencana tata ruang,” kata Jokowi.

BACA JUGA:

Soal Sistem Peringatan Dini, Ini Perintah Jokowi ke Kepala BNPB

Hari Kedua Jokowi di Jatim, Buka Rapat BNPB dan Sosialisasi Dana Desa

Jokowi menambahkan, bencana di Indonesia ini sering kali terjadi di wilayah yang sama dan ada siklusnya. Karena itu, pihaknya berharap kepada semua pemangku kebijakan untuk waspada.

“Kalau ada ruang-ruang, tempat-tempat, yang memang itu sudah merah dan berbahaya, ya jangan diperbolehkan untuk mendirikan bangunan. Bappeda juga harus mulai merancang, rakyat diajak untuk membangun bangunan-bangunan yang tahan gempa kalau memang daerah itu rawan gempa,” katanya.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan lima poin penting terkait penanggulangan bencana di Tanah Air, antara lain edukasi kebencanaan kepada masyarakat secara massif, penataan pembangunan sesuai dengan peta bencana, koordinasi antarinstitusi, penanganan lapangan atau mitigasi bencana, serta penanganan alam sebagai antisipasi jangka panjang.

“Semua sadar, negara ini dianugerahi Allah sebuah kesuburan. Tanah yang baik. Tetapi juga ada lempengan-lempengan, patahan, cincin api. Semua harus diwaspadai. Paling penting, papan peringatan dan rute evakuasi juga harus dibuat,” kata Presiden.

Editor : Maria Christina

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2G3thY9
February 02, 2019 at 11:46PM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2G3thY9
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rakornas BNPB, Jokowi: Harus Ada Perencanaan Matang soal Kebencanaan"

Post a Comment

Powered by Blogger.