Search

Inflasi Rendah, Gubernur BI Bingung Ada yang Teriak Harga Pangan Mahal

JAKARTA, iNews.id – Tingkat inflasi nasional terpantau rendah sejak awal 2019. Hal ini terbukti dari angka inflasi Januari yang hanya 0,32 persen, jauh lebih kecil dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 0,62 persen. Namun, saat ini, masih banyak yang mengeluhkan mahalnya harga barang meski tak berkorelasi dengan kondisi inflasi yang rendah.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengaku bingung dengan pernyataan sejumlah pihak yang mengklami harga-harga bahan pokok masih tinggi. Padahal, indikator harga tercermin dari angka inflasi yang kini masih terjaga dan rendah.

"Ini masyarakat yang mana? Karena kan indikator inflasi itu kan BPS mensurvei pasar-pasarnya kan bukan hanya pasar modern, tapi juga pasar pelosok-pelosok juga," kata Perry di Jakarta, Kamis 28/2/2019.

Perry menjelaskan, klaim harga pangan yang masih tinggi di tengah kecilnya angka inflasi tersebut tidak berdasar. Sebab, angka inflasi yang tiap bulannya dirilis oleh BPS telah mencakup perhitungan tingkat harga yang disurvei dari berbagai pasar baik moderen dan tradisional.

Ia menambahkan, saat ini jumlah komoditas yang disurvei juga terus meningkat. Bahkan, komoditas yang disurvei sudah hampir menutupi semua komoditas yang ada di pasaran.

"Bahkan komoditasnya juga yang dulunya 600 sekarang lebih dari 800 yang disurvei sehingga kalau inflaisnya berdasarkan IHK, indeks harga konsumen, yang disurvei dari seluruh pasar-pasar dan 860 komoditas itu juga merepresentasikan indeks harga," ujarnya.

Perry mengatakan, angka inflasi di Indonesia masih terus dijaga pemerintah bahkan masih di bawah target inflasi yang diproyeksikan BI, yakni 3,5 plus minus satu persen. BI juga terus melakukan survei terhadap indeks harga-harga pangan.

Tujuannya untuk memantau stabilitas ekonomi Indonesia supaya kebijakan antisipatif, baik oleh pemerintah maupun BI sendiri bisa dilakukan lebih cepat. Dengan demikian, indikator harga-harga yang memang rendah sudah tergambar atau tercermin secara jelas dan nyata berdasarkan angka-angka inflasi yang rendah dan selalu dirilis BPS setiap bulannya.

"Yang kami syukur juga setiap minggu kami melakukan survei pemantauan harga dari 46 kantor-kantor lembaga kami dan kami juga bersama pemerintah membentuk pusat informasi harga pangan strategis kalau semuanya itu masih mengindikasikan harga-harga itu seperti itu (rendah)," ujar Perry.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2tHQG9t
February 28, 2019 at 10:59PM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2tHQG9t
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Inflasi Rendah, Gubernur BI Bingung Ada yang Teriak Harga Pangan Mahal"

Post a Comment

Powered by Blogger.