Search

Mengenal Ternchem, Band Rock Generasi Pertama Indonesia

Ternchem berawal dari band keluarga Poerwo Soetirto (ayahnya anak-anak Trenchem) Bambang Oen Damoera, Bambang Espe Manahan, Bambang Dőrn Dar. Awal terbentuk mereka baru lulus SMP.

"Awal Desember 1959 dengan formasi yang masih gonta ganti," kata Bambang Espe.

Pasca 1967 formasi lebih mapan. Konser pertama atas permintaan salah satu pemimpin pabrik gula SOEDONO. Saat itu Tuan Vermir yang berkebangsaan Belanda ingin ada yang memainkan musik di kota Solo. Oni Picauri adalah salah satu pekerja di perusahaan itu.

"Oni Picauri pernah main di Band Gavillas (bandnya Emillia Contessa, ibu Denada) yang berasal dari Banyuwangi Jawa Timur," kata Bambang Espe.

Ternchem makin ngetop. Setiawan Djody tertarik dan ikut tour mereka. Hanya saja pada tahun 1970, saat Ternchem hendak rekaman, Djodi malah ke Amerika.

Ternchem memiliki ciri aksi panggung yang atraktif. Saat itu sebelum Jonathan Davis (Korn) memakai celana khas Skotland, Bambang Dőrn Dar (Lead Gitar) sudah mendahului. Membawa ular diatas panggung jauh sebelum Alice Cooper ataupun Trio Ular (dangdut) membawanya diatas panggung.

"Sekarang pakai ular pithyon dulu kita pakai Cobra. Lebih bahaya," kata Bambang Espe.

Jauh sebelum Piyu (Padi) lahir dan memunculkan kembang api dari gitarnya, Ternchem sudah menyajikan. Bahkan membawa peti mati ke atas panggung, memakai baju bersayap sehingga saat tangan diangkat keliatan sayapnya.

"Ada juga sulap dari vokalis kami Bernard S. Parnadi. Mulai mengeluarkan tali panjang dari mulutnya, jingkrak sambil mainin bass atau gitar sampai nglesot, tiduran, itu biasa ditampilkan," kata Bambang.

Simak video pilihan berikut :

simak video menarik berikut

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2TE55C0
March 10, 2019 from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2TE55C0
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal Ternchem, Band Rock Generasi Pertama Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.