Search

Rusia dan Inggris Dilaporkan Akan Kembalikan Diplomat Masing-Masing

LONDON, iNews.id - Rusia mengklaim hubungan diplomatiknya dengan Inggris segera pulih. Kedutaan Rusia di London mengklaim, pemerintahannya telah mencapai kesepakatan dengan Inggris untuk mengembalikan staf kedutaan besar masing-masing negara mulai Januari 2019.

Inggris mengusir puluhan diplomat Rusia, demikian pula sebaliknya, pada Maret 2018 menyusul tuduhan keterlibatan Negeri Beruang Merah tersebut atas upaya pembunuhan mantan agen ganda Sergei Skripal.

Baca Juga: Putin Bungkam, Inggris Usir 23 Diplomat Rusia

Sergei dan anaknya, Yulia, ditemukan tak sadarkan diri di bangku taman pusat perbelanjaan di Salisbury karena terpapar zat kimia pelumpuh saraf Novichok, namun keduanya lolos dari maut.

Novichok merupakan senjata kimia yang dikembangkan Uni Soviet dan pernah digunakan pada perang dunia. Saat ini penggunaannya sudah dilarang.

Baca Juga: Diusir, 23 Diplomat Rusia Mulai Tinggalkan Inggris

"Kami sudah mencapai kesepakatan umum bahwa akan mengembalikan staf doplomatik di Moskow dan London pada Januari," kata Duta Besar Rusia untuk Inggris, Alexander Yakovenko, dalam wawancara dengan kantor televisi seperti diberitakan kembali kantor berita Tass, Jumat (28/12/2018).

Yakovenko melanjutkan, seluruh staf dari kedua pihak kemungkinan tak akan langsung kembali berdinas, namun membutuhkan proses dan waktu.

Baca Juga: Tak Terima Perlakuan PM Theresa May, Rusia Juga Usir Diplomat Inggris

"Saya tak yakin bahwa ini akan terjadi pada semua pegawai, tapi setidaknya setengah dari staf bisa bertugas kembali," katanya, sebagaimana dilaporkan kembali Reuters, Sabtu (29/12/2018).

Sementara itu, terkait pernyataan kedubes Rusia, Kantor Urusan Luar Negeri Inggris dan Kementerian Luar Negeri Rusia enggan berkomentar.

Inggris mengusir 23 diplomat pada akhir Maret 2018, Rusia pun membalas dengan memulangkan diplomat Inggris dalam jumlah yang sama beberapa hari kemudian.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2ERyfG1
December 30, 2018 at 02:20AM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2ERyfG1
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rusia dan Inggris Dilaporkan Akan Kembalikan Diplomat Masing-Masing"

Post a Comment

Powered by Blogger.