Search

Jasa Marga Ungkap Proyek Jalan Tol yang Akan Selesai pada 2019

JAKARTA, iNews.id - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) memiliki beberapa proyek infrastruktur yang diperkirakan rampung pada tahun 2019. Pasalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar proyek jalan tol selesai sebelum Lebaran 2019.

Direktur Utama JSMR Desi Arryani mengatakan, menyusul jalan tol Trans Jawa, proyek tol Jakarta-Cikampek (Japek) elevated dan Jakarta Outer Ring Road (JORR) II harus rampung tahun depan agar dapat digunakan masyatakat untuk mudik.

"(Japek) Kita berharap bisa fungsional di Lebaran, tapi untuk selesai tuntasnya kuartal III. JORR II ya kuartal III atau kuartal IV," ujarnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (31/12/2018).

Kemudian, pada semester II-2019 akan selesai proyek Tol Pandaan-Malang dan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. "Medan-Kualanamu yang seksi terakhir rampung. Medan-Kualanamu tebing tinggi kan kemaren baru 6 seksi, seksi ketujuhnya rampung kan sudah dibuka. Pandaan-Malang empat seksi itu awal semester II," ucapnya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengebut penyelesaian berbagai proyek infrastruktur pada tahun depan untuk melayani mudik masyarakat saat Lebaran. Namun, Calon Presiden nomor urut satu ini tak menampik penyelesaian proyek tersebut juga berkaitan dengan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Bukan untuk apa-apa, nih pasti pikirannya beda, supaya bisa kita pakai untuk Lebaran. Tapi juga termasuk itu untuk Pemilu juga, sudah kita blak-blakan saja," ujarnya saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (27/11/2018)

Dalam sisa 2018 ini, infrastruktur yang akan selesai seperti jalan Tol Trans Sumatera jalur Lampung-Palembang dan Bakauheni-Terbanggi Besar yang diresmikan akhir Desember 2018. Namun, untuk Tol Bakauheni-Palembang ditargetkan selesai April 2019.

"Saya tanya yang di lapangan ke manajer proyek selesai kapan, katanya selesai bulan Juni-Mei, saya bilang jangan Mei atau Juni, saya minta April. Kenapa April tahu kan?" kata dia.

Kemudian Tol Jakarta-Surabaya akan tersambung pada akhir tahun ini. Bahkan, ia meminta agar dapat selesai sebelum Natal 2018 agar dapat segera diresmikan.

"Saya sudah minta sebelum Natal saya resmikan, tidak tahu naik motor atau naik apa. Jakarta-Surabaya nanti dicoba berapa jam kalau naik mobil. Kemudian Merak-Banyuwangi kita hitung. 2019 mungkin pertengahan atau mundur sedikit juga akan tersambungkan," ucapnya.

Tak hanya jalan tol, pelabuhan besar Kuala Tanjung, Sumatera Utara juga akan diresmikan akhir tahun ini. Selain itu, Makassar New Port akan selesai pada Januari 2019. "Saya tidak tahu kenapa selesinya menjelang Pemilu," kata dia.

Selain itu, pemerintah juga tengah mengejar pengerjaan proyek runway ketiga di Bandara Internasional Soekarno Hatta yang selama ini menjadi biang masalah. Pasalnya, setiap kali pesawat akan terbang harus mengantre sehingga memperlambat jadwal penerbangan.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2SAOs6g
January 01, 2019 at 01:31AM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2SAOs6g
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jasa Marga Ungkap Proyek Jalan Tol yang Akan Selesai pada 2019"

Post a Comment

Powered by Blogger.