Search

Aman, Defisit Transaksi Berjalan 2018 Capai 2,98 Persen terhadap PDB

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) melaporkan defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) pada 2018 masih aman setelah berada di bawah 3 persen. Sepanjang tahun lalu, CAD tercatat 31,1 miliar dolar AS atau 2,98 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Agusman mengatakan CAD masih relatif terkendali meskipun pada kuartal IV-2018 menembus 9,1 miliar dolar AS atau 3,57 persen terhadap PDB. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya sebesar 8,6 miliar dolar AS atau 3,28 persen terhadap PDB.

"Defisit neraca transaksi berjalan pada kuartal IV-2018 meningkat sejalan dengan permintaan domestik yang kuat," kata Agusman, Jumat (8/2/2019).

Peningkatan CAD tersebut tidak terlpas dari kinerja perdangangan barang nonmigas yang turun. Hal ini akibat masih tingginya impor sejalan dan kinerja ekspor yang terbatas.

Meski begitu, neraca pendapatan primer dan neraca jasa bisa lebih baik sehingga membantu mengurangi kenaikan defisit. Perbaikan neraca pendapatan primer ditopang oleh pembayaran bunga surat utang pemerintah yang lebih rendah dan kenaikan surplus jasa perjalanan, efek dari Asian Games 2018 dan pertemuan Tahunan IMF-World Bank di Bali.

Agusman menambahkan, Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada kuartal IV-2018 surplus 5,4 miliar dolar AS setelah kuartal sebelumnya defisit. Surplusnya NPI disebabkan surplus transaksi modal dan finansial yang mencapai 15,7 miliar dolar AS, naik dibandingkan kuartal sebelumnya yang surplus 3,9 miliar dolar AS.

"Peningkatan tersebut terutama didukung oleh membaiknya kinerja investasi portofolio, seiring meningkatnya aliran masuk dana asing pada aset keuangan domestik. Peningkatan surplus juga didukung penerbitan obligasi global oleh pemerintah dan korporasi," ujar dia.

Situasi tersebut membuat defisit NPI sepanjang 2018 berkurang menjadi 7,1 miliar dolar AS. Kinerja NPI tersebut, kata Agusman, menunjukkan daya tahan Indonesia terhadap eksternal masih cukup kuat.

"Bank Indonesia juga akan terus memperkuat bauran kebijakan guna menjaga stabilitas perekonomian, serta memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah dalam mendorong kelanjutan reformasi struktural," ucap dia.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2RNY3FM
February 08, 2019 at 11:35PM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2RNY3FM
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Aman, Defisit Transaksi Berjalan 2018 Capai 2,98 Persen terhadap PDB"

Post a Comment

Powered by Blogger.