Search

Bagasi Gratis Dicabut, Maskapai Ingin Cari Pendapatan Ekstra

JAKARTA, iNews.id - Indonesia National Air Carriers Association (INACA) mengatakan, keputusan beberapa maskapai mencabut bagasi gratis bisa dimaklumi. Pasalnya, mereka ingin mengurangi kerugian potensial sehingga kinerja keuangan maskapai bisa ditingkatkan.

Lion Air, Wings Air, dan Citilink memutuskan untuk tidak lagi menggratiskan bagasi cuma-cuma. Sebelumnya, ketiga maskapai tersebut memberikan bagasi gratis antara 15-20 kilogram (kg) per penumpang.

BACA JUGA:

Bagasi Gratis Dicabut, Konsumen Bisa Tinggalkan Maskapai LCC

Lion Air Group Tidak Lagi Gratiskan Biaya Bagasi, Ini Daftar Tarifnya

Ketua Umum INACA, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra mengatakan, permintaan bagasi cukup tinggi belakangan ini. Hal tersebut kemudian dimanfaatkan maskapai, terutama yang berbiaya rendah (low cost carrier/LCC).

Direktur Utama Garuda Indonesia Group itu mengatakan, kerugian potensial yang dialami maskapai mencapai 30 persen dari operasional. Dia mengaku tidak khawatir apabila kebijakan bagasi berbayar tidak diminati konsumen.

"Kalau misalnya tidak laku itu mereka sampaikan ke kargo," ucap pria yang kerap disapa Ari itu di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Dengan begitu, kata Ari, tambahan pendapatan bisa diperoleh dari bisnis kargo. Apalagi, kebijakan bagasi berbayar cukup signifikan. Dia mencontohkan, tarif bagasi yang dikenakan Lion Air untuk 30 kg bisa mencapai Rp930.000 sementara harga tiket pesawat ada yang hanya Rp600.000.

Di tempat yang sama, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi tidak setuju dengan tarif bagasi yang terlalu tinggi hingga melebihi tarif tiket pesawat. Apalagi jika sampai mendekati tarif minimal maskapai medium.

"Jadi harus tetap ada batasannya maksimal berapa, Kemenhub (Kementerian Perhubungan) harus mengatur itu sampai ke detailnya. Selain harga tiket juga menyundul kategori tarif untuk maskapai yang medium services," ujar dia.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2TKOlp8
January 16, 2019 at 12:30AM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2TKOlp8
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bagasi Gratis Dicabut, Maskapai Ingin Cari Pendapatan Ekstra"

Post a Comment

Powered by Blogger.