Search

Tertata Rapi, Labuan Bajo Siap Jadi Destinasi Wisata Alternatif di NTT

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah infrastruktur di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah selesai dibangun. Dengan begitu, kawasan tersebut siap menjadi destinasi wisata alternatif selain Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Tidar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono berharap, ke depan semakin banyak wisatawan yang mengunjungi Labuan Bajo. Tidak hanya itu, semakin baiknya fasilitas membuat mereka lebih lama untuk tinggal.

“Pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur," kata Basuki melalui keterangan tertulis, Selasa (29/1/2019).

Dalam dua tahun terakhir, kata dia, pemerintah telah menggelontorkan anggaran Rp40,35 miliar untuk penataan kawasan di Labuan Bajo yang meliputi Kampung Ujung, Kampung Air, Kampung Tengah dan Pulau Komodo.

Lingkup pekerjaan yang dilakukan di antaranya pembangunan pusat wisata kuliner Kampung Ujung, pembangunan jalan lingkungan di Kampung Tengah, pedestrian Jalan Soekarno Hatta, penerangan jalan umum, dan pembangunan jembatan di Promenade Kampung Air.

Selain itu, kata Basuki, pemerintah juga mempercantik Labuan Bajo dengan membangun gerbang, patung Komodo, bangunan ticketing, shelter pengunjung, toilet dan signage. Selain itu, dibangun juga jaringan air bersih ke pelabuhan dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Penataan kawasan wisata Labuan Bajo mendapat apresiasi positif dari masyarakat setempat, terutama para pedagang.

Mereka ingin segera pindah ke kawasan wisata kuliner Kampung Ujung yang telah selesai direnovasi dengan desain tenda baru berwarna putih. Wisatawan dapat menikmati beragam olahan seafood di tepi laut dengan tenda-tenda yang bisa menjadi spot untuk swafoto.

Meuti, salah satu pedagang kuliner mengatakan kawasan wisata Labuan Bajo kini sudah banyak berubah. Penataannya lebih rapi dan bagus. “Sekarang (kawasan Labuan Bajo) lebih rapi dan bagus,” ujar Meuti.

Hal senada diungkapkan Warsono, salah satu wisatawan dari Surabaya. “Bagus ya. Kita bisa berfoto dengan keren, apalagi infratruktur jalan menuju kesini juga mulus. Semoga tempat ini bisa segera ditempati pedagang ya biar ramai,” katanya.

KSPN Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata "Bali Baru" yang dikembangkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara yang ditargetkan mencapai 20 juta kunjungan pada tahun ini.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2Rp0crs
January 30, 2019 at 12:38AM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2Rp0crs
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tertata Rapi, Labuan Bajo Siap Jadi Destinasi Wisata Alternatif di NTT"

Post a Comment

Powered by Blogger.