Search

Menteri Susi Minta Pengusaha Lapor Hasil Tangkapan Ikan dengan Benar

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meluncurkan buku katalog elektronik (e-logbook) untuk merekam data hasil tangkapan dari kapal ikan. Untuk itu, pengusaha diminta untuk melaporkan hasil tangkapan dengan benar.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan, selama ini, hasil tangkapan ikan tidak dilaporkan secara benar. Hal ini mirip dengan praktik pelaporan ukuran kapal yang sering diturunkan (markdown) dari ukuran aslinya.

"Markdown ukuran kapal sudah kami ampuni, proses perizinan kami berikan lebih mudah. Sudah saatnya melakukan pembenahan hasil tangkapan," kata Menteri Susi di kantornya, Jakarta, Kamis (31/1/2019).

BACA JUGA:

Jokowi: 488 Kapal Ditenggelamkan, Mestinya Produksi Ikan Laut Melimpah

Menurut dia, pelaporan hasil tangkapan yang tidak benar membuat pencatatan ekspor perikanan tidak akurat. Ekspor perikanan tercatat hanya tumbuh pada kisaran 10-11 persen meski pemerintah konsisten menenggelamkan kapal asing ilegal.

Menteri Susi mengatakan, pemerintah tidak akan meminta tambahan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dari laporan tersebut. Selain itu, dia juga meminta kepada pengusaha untuk mengasuransikan para pelaut dan anak buah kapal (ABK) mereka.

Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Zulficar Mochtar sebelumnya mengatakan, penerapan sistem e-logbook merupakan bagian dari digitalisasi untuk mempermudah pengusaha pemilik kapal perikanan melaporkan hasil tangkapan.

"Kalau dulu ada banyak kertas yang harus ditulis, sekarang dengan e-logbook," ujar dia.

Menurut dia, dengan e-logbook, laporan hasil tangkapan langsung bisa diakses pemerintah pusat. Selain e-logbook, KKP juga meluncurkan e-service untuk memudahkan pengusaha mengurus perizinan.

Sebelumnya, untuk kapal bertonase besar, mereka harus mengurus izin ke Jakarta. Dengan adanya e-service, pengajuan izin bisa dilakukan melalui internet. Inovasi ini dilakukan untuk mengoptimalkan sektor perikanan.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2MHX7BX
January 31, 2019 at 11:20PM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2MHX7BX
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menteri Susi Minta Pengusaha Lapor Hasil Tangkapan Ikan dengan Benar"

Post a Comment

Powered by Blogger.