Search

Polisi Tangkap Bos 'Prajurit Cinta', Organisasi Kawin Lari di India

NEW DELHI, iNews.id - Bos 'Love Commandos' atau Prajurit Cinta, sebuah organisasi yang menawarkan perlindungan bagi para kekasih yang melarikan diri, ditangkap polisi di Delhi, India. Dia dituduh melakukan pemerasan dan menyalahgunakan para pasangan yang putus asa.

Kelompok ini menjadi terkenal karena menyediakan rumah aman dan nasihat hukum bagi pasangan yang menentang tekanan keluarga, agama, dan kasta untuk menikah di negara konservatif itu.

Pendiri Love Commandos, Sanjoy Sachdev, ditangkap pada Selasa (29/1) malam setelah polisi menggerebek salah satu rumah penampungan bersama anggota dari Komisi Wanita Delhi (DCW).

Saat penggerebekan, empat pasangan yang ingin kawin lari berhasil dibebaskan.

"Ditemukan bahwa (Sachdev) terlibat dalam pengurungan ilegal dan pemerasan pasangan di balik alasan menyediakan rumah yang aman bagi para korban," demikian pernyataan badan resmi DCW, seperti dilaporkan AFP, Kamis (31/1/2019).

Keempat pasangan yang ditemukan selama penggerebekan mengaku dipaksa untuk membayar jumlah yang sangat besar sebagai biaya dan diancam jika mencoba melarikan diri.

Sachdev, yang merupakan mantan jurnalis, meluncurkan 'Love Commandos' pada 2010, setelah membantu seorang pria muda yang dituduh melakukan pemerkosaan oleh keluarga perempuan yang ingin dinikahinya.

Sebagian besar pernikahan di India diatur oleh keluarga; dan pasangan yang menentang tradisi dengan menikahi perempuan di luar kasta dan agama, akan menghadapi reaksi keras.

Setiap tahunnya, ratusan pasangan menjadi korban "pembunuhan demi kehormatan" oleh kerabat dekat untuk melindungi reputasi keluarga.

"Pasangan yang menghadapi ancaman pembunuhan demi kehormatan di negara kami mengalami trauma luar biasa," kata kepala DCW, Swati Maliwal.

"Bagi sebuah LSM untuk memeras dan menyalahgunakan anak-anak yang rentan ini atas nama membantu mereka adalah hal yang sangat memalukan dan tragis."

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2SfPxnb
January 31, 2019 at 11:10PM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2SfPxnb
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Polisi Tangkap Bos 'Prajurit Cinta', Organisasi Kawin Lari di India"

Post a Comment

Powered by Blogger.