Search

Runway Bandara Juanda Rusak, Pengamat: Hanya Kejar Slot Penerbangan

JAKARTA, iNews.id - PT Angkasa Pura I (Persero) Kamis lalu sempat menutup salah satu landasan pacu (runway) di Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur selama beberapa jam. Pasalnya, runway 10 mengelupas sehingga tidak bisa digunakan.

Pengamat Penerbangan Cheppy Hakim mengatakan, hal ini menunjukkan airport dalam negeri hanya mengejar slot penerbangan. Pihak airport memanfaatkan secara maksimal sehingga setiap landasan pacu pesawat sangat sibuk.

"Dari dampak tersebut terlihat (airport) kita hanya mengejar slot penerbangan. Slot penerbangan kita tinggi tapi infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) ketinggalan," ujarnya di Gado-Gado Boplo Cikini, Jakarta, Sabtu (9/2/2019).

Semakin sibuknya landasan pacu di bandara membuat waktu pemeliharaan berkurang. Hal inilah yang kemudian membuat landasan pacu tidak maksimal kualitasnya karena tidak dirawat secara teratur.

"Landasan-landasan yang sangat sibuk sehingga maintenance cycle-nya, waktu untuk pemeliharaan itu terbatas sehingga kualitas runway akan terkelupas seperti itu," kata dia.

Oleh karenanya, pada Kamis lalu landasan pacu ini ditutup sementara untuk dilakukan perbaikan. Pengelupasan landasan pacu ini membuat beberapa penerbangan dialihkan (divert) ke Denpasar, Bali, dan Semarang.

"Satu flight internasional SQ930 RTB ke Singapura. Sementara hingga saat ini tercatat 11 flight terdampak, yang terdiri atas kedatangan 8 flight dan keberangkatan 3 flight," kata Legal and Communications Section Head AP I Juanda Yuristo di Sidoarjo, Kamis (7/2/2019).

Menurut Cheppy, agar kejadian ini tidak terulang di kemudian hari maka airport harus melakukan langkah antisipasi dengan menjadwalkan lebih intensif maintenance di landasan pacu. Dengan demikian, landasan pacu tetap terawat dengan baik meski digunakan dengan maksimal.

"Secara teknis ada aturannya, masing-masing airport berbeda-beda tergantung landasannya dia di atas rawa, laut atau tanah keras saya tidak tahu, itu perhitungan teknis tapi harus ada cycle maintenance," ucapnya.

Setelah pada Kamis lalu ditutup sejak pukul 09.00 WIB, Bandara Internasional Juanda Surabaya kembali dibuka pada pukul 12.00 WIB di hari yang sama. Penutupan ini terjadi akibat rusaknya landasan pacu dekat posisi pendaratan pesawat, Kamis (7/2/2019).

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2Drym8H
February 10, 2019 at 12:31AM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2Drym8H
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Runway Bandara Juanda Rusak, Pengamat: Hanya Kejar Slot Penerbangan"

Post a Comment

Powered by Blogger.