Search

NTB Tuan Rumah MotoGP, Sekjen Perindo: Indonesia Dipercaya Dunia

JAKARTA, iNews.id – Indonesia akan menjadi tuan rumah balapan motor kelas dunia, MotoGP dan Superbike, pada 2021. Direncanakan balapan itu berlangsung di Sirkuit Mandalika yang akan dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penunjukan ini menuai apresiasi dari banyak kalangan. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Perindo Ahmad Rofiq menilai, penyelenggaraaan MotoGP dan Superbike di Indonesia membuktikan kemampuan Indonesia di level internasional.

"Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP dan Superbike pada 2021 itu artinya Indonesia telah dipercaya oleh dunia," ujar Rofiq kepada iNews.id, Senin (25/2/2019).

Rofiq menuturkan, kepercayaan dunia itu akan memberikan keuntungan bagi Indonesia. Kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara diperkirakan bakal melonjak. Event balapan itu juga bisa menjadi momen bagi NTB untuk menunjukkan keindahan alam dan sektor pariwisata lainnya.

BACA JUGA: Bangun Sirkuit di Lombok, Indonesia Siap Gelar MotoGP

Rofiq mengaku turut gembira dengan rencana penyelenggaraan MotoGP tersebut. Dia berharap ekonomi NTB akan terdongkrak dengan keberadaan lomba balap motor itu.

"Ini kesempatan yang sangat baik yang harus dimanfaatkan oleh pemerintah untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki banyak sekali lokasi wisata yang penuh keindahan di luar Pulau Dewata," kata Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf ini.

Pemerintah telah menandatangani kontrak selama tiga tahun dengan penyelenggara MotoGP untuk menggelar balap motor itu pada 2021. Direncanakan, MotoGP dan Superbike berlangsung di Sirkuit Mandalika yang akan dibangun dan kelak bakal menjadi jalanan umum ketika tak menggelar event balap.

Sirkuit Mandalika bakal digarap Vinci Construction asal Prancis. Sirkuitnya memiliki panjang 4,32 km berikut 18 tikungan. Pembangunan lintasan akan dimulai pada tahun ini, dengan pengaspalan pertama dimulai September mendatang.

BACA JUGA: Perindo Gerak Cepat Fogging di Pondok Aren usai 5 Warga Kena DBD

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya sebelumnya mengatakan, Mandalika memiliki kelayakan sebagai destinasi wisata olahraga. Dengan menjadi tuan rumah ajang MotoGP pada 2021, dia berharap semakin banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan infrastruktur pendukung wisata olahraga yang memadai di dalamnya.

Sebagai bentuk dukungan terhadap penyelenggaraan MotoGP dan komitmen menjadikan Mandalika sebagai destinasi wisata olahraga, Kementerian Pariwisata akan memberikan bantuan dan dukungan terkait lisensi penyelenggaraan MotoGP. Kemenpar juga akan memberikan bantuan sebesar 1 juta euro.

Editor : Zen Teguh

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2tKZ7Rr
February 26, 2019 at 02:46AM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2tKZ7Rr
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "NTB Tuan Rumah MotoGP, Sekjen Perindo: Indonesia Dipercaya Dunia"

Post a Comment

Powered by Blogger.