Search

Mentan Harap Kalsel Jadi Penopang Pangan di Luar Jawa

TANAH LAUT, iNews.id - Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) Kementerian Pertanian (Kementan) terus menunjukkan hasil positif. Terlihat dari panen padi yang dilakukan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman di lahan rawa pasang surut di Desa Tambak Sarinah, Kecamatan Kurau, Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sawah yang dipanen seluas 500 hektare dari 1.200 hektare keseluruhan di Kecamatan Kurau. Dengan produksi 7 ton per hektare, varietas yang ditanam jenis Inpari 30, Inpari 32, Inpari 40. Di Kabupaten Tanah Laut sendiri terdapat lahan rawa seluas 30.000 hektare.

"Hari ini sungguh merupakan hari yang membahagiakan bagi kita semua khususnya bagi para petani. Tadi Saya panen jagung, sekarang panen padi di lahan rawa seluas 500 hektar di lokasi ini. Kita baru saja menyaksikan sebuah keberhasilan yang dilakukan petani kita dalam menerapkan usaha tani padi di lokasi Program Serasi," ujar Mentan Amran, dalam keterangannya, Selasa (27/2/2019).

Ia optimistis dapat mengembangkan potensi lahan rawa seluas 500.000 hektare. Fokus penggarapan lahan, kata dia, akan tertuju di Kalimantan Selatan (200.000 hektare), Sumatera Selatan (200.000 hektare), Jambi (50 hektare), dan Bengkulu (50 hektare). Amran menyatakan akan terus mengoptimalkan potensi pertanian rawa demi meningkatkan kesejahteraan petani lokal.

"Kami terus tambah luas tanam sawah. Optimalisasi lahan rawa dari sekali tanam setahun, jadi dua kali tanam setahun, kemudian tiga kali tanam setahun. Ada potensi lahan rawa seluas 200.000 hektare di Kalsel," ucap Mentan Amran.

Amran mengungkapkan optimasi lahan rawa berpotensi menaikkan pendapatan petani sampai tiga kali karena tanam dan panen tiga kali setahun. Saat ini, ia melihat petani luar Jawa masih dominan tanam sekali dalam setahun.

"Mimpi besar kami, Kalsel jadi penopang pangan di luar Jawa. Kalau bisa tanam dua kali, kemudian tiga kali setahun artinya pendapatan petani naik tiga kali lipat," tuturnya.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2Vmn90H
February 27, 2019 at 10:25PM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2Vmn90H
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mentan Harap Kalsel Jadi Penopang Pangan di Luar Jawa"

Post a Comment

Powered by Blogger.