Search

Melunak, Maduro Siap Dialog dengan Oposisi Pascapercobaan Kudeta

KARAKAS, iNews.id - Presiden Venezuela Nicolas Maduro mulai melunak menghadapi perlawanan dari kubu oposisi serta tekanan internasional. Dia siap bernegosiasi dengan oposisi untuk mencari solusi atas krisis politik di Venezuela.

Dalam wawancara dengan kantor berita Rusia Ria Novosti, Maduro mengatakan siap duduk satu meja dengan lawan politiknya.

Baca Juga: Pemerintah Maduro Cekal dan Bekukan Rekening Pemimpin Oposisi Guaido

"Saya siap untuk duduk di meja negosiasi dengan oposisi. Jadi kita bisa berdiskusi untuk kebaikan Venezuela," kata Maduro, seperti dilaporkan kembali AFP, Rabu (30/1/2019).

Selain itu, Maduro juga siap mendukung dipercepatnya pemilihan umum (pemilu) parlemen.

"Akan sangat baik untuk menggelar pemilihan parlemen lebih awal, itu merupakan bentuk diskusi politik yang baik," kata Maduro.

Sebelumnya, Maduro menolak ultimatum dari negara Eropa untuk menyelenggarakan pemilu. Spanyol, Inggris, Prancis, Belanda, dan Jerman mengancam akan mengakui pemerintahan sementara Guaido jika Maduro tak menggelar pemilu dalam waktu 8 hari sejak pekan lalu.

Baca Juga: Pascapercobaan Kudeta, Presiden Venezuela Tolak Ultimatum Pemilu

"Mereka harus mencabut ultimatum itu. Tida ada satu pihak pun yang bisa memberikan ultimatum," kata Maduro, Senin (28/1/2019).

"Venezuela tak terikat dengan Eropa. Ini benar-benar penghinaan," kata dia, seraya menambahkan bahwa ultimatum itu merupakan kesalahan.

Maduro baru dilantik Januari ini setelah memenangkan pemilu yang kontroversial pada Mei 2018. Namun oposisi Venezuela tak mengakui kemenangan Maduro.

Baca Juga: Indonesia Serukan Politik yang Demokratis dan Transparan di Venezuela

Puncaknya, tokoh oposisi yang juga pemimpin parlemen Majelis Nasional Juan Guaido memproklamirkan diri sebagai presiden sementara Venezuela pada pekan lalu. Guaido didukung Amerika Serikat, sebagian besar negara Amerika Latin, dan Eropa.

Sementara itu, Maduro mendapat dukungan atas legitimasi pemerintahannya, di antaranya dari Rusia, China, Turki, dan Kuba.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2DIexeY
January 30, 2019 at 09:31PM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2DIexeY
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Melunak, Maduro Siap Dialog dengan Oposisi Pascapercobaan Kudeta"

Post a Comment

Powered by Blogger.