Search

Gerindra dan PKS Gelar Rapat Tertutup Bahas Wagub DKI, Ini Hasilnya

JAKARTA, iNews.id –Penentuan wakil gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno masih berliku. Pertemuan antara Partai Gerindra dan PKS serta panelis belum menghasilkan keputusan konkret.

Pada pertemuan tertutup di salah satu hotel di Jakarta, Rabu (23/1/2019) itu, Gerindra dan PKS hanya menyepakati pada 11 Februari 2018 mereka akan menyerahkan dua nama kepada Gubernur Anies Baswedan.

Namun, sebelum itu dilakukan, mereka akan terlebih dahulu menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang dilakukan oleh para panelis. Pertemuan juga membahas tentang jadwal tes tersebut sekaligus menentukan indikator-indikator cawagub DKI yang nantinya menjadi acuan bagi panelis.

"Kami baru selesai menyusun indikator-indikator yang akan kita dalami adalah tentang integritas, rekam jejak, pengetahuan tentang RPJMD, dan kinerja sinergi dengan gubernur," kata Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Syarif di Jakarta, Rabu (23/1/2019).

Syarif menjelaskan, dalam fit and proper test nanti Gerindra bersama tim panelis tak akan memberikan skor pada masing-masing kandidat, melainkan ditentukan secara kualitatif.

BACA JUGA: Profil Singkat 3 Kandidat Wagub DKI Pendamping Anies

Gerindra juga membuka konsultasi publik bagi para kandidat wagub DKI tersebut. Artinya, warga Jakarta bisa memberikan usulan maupun masukan terhadap kandidat.

"Yang masih harus dikonsultasikan dengan partai lagi adalah jadwal untuk konsultasi. Bukan konsultasi sebenarnya, kami menyebut diskusi dengan Gubernur Anies. Masih tentatif jadwalnya," kata dia.

Kursi wagub DKI lowong setelah Sandiaga Uno memutuskan maju sebagai cawapres. Sejak itu, Gerindra dan PKS saling tarik ulur mengenai siapa berhak mengisi jabatan tersebut. Kendati akhirnya diputuskan PKS berhak atas jabatan itu, namun kedua parpol menyepakati untuk melakukan fit and proper test bagi kandidat.

PKS mengirimkan dua panelis dari kalangan profesional yang akan membantu selama berlangsungnya proses uji kepatutan dan kelayakan itu. Mereka yakni mantan Wakil Menpan dan RB Eko Prasojo serta akademisi UNJ Ubedillah Badrun.

Sementara Gerindra menunjuk peneliti LIPI Siti Zuhro dan Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Syarief sebagai panelis.

Editor : Zen Teguh

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2RH5gMG
January 23, 2019 at 11:21PM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2RH5gMG
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gerindra dan PKS Gelar Rapat Tertutup Bahas Wagub DKI, Ini Hasilnya"

Post a Comment

Powered by Blogger.