Search

Atasi Penurunan Muka Tanah di Jakarta, Anies Belajar dari Tokyo

JAKARTA, iNews.id – Keseriusan dalam menangani persoalan penurunan muka tanah di Ibu Kota ditunjukkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Gubernur Anies Baswedan berupaya menyusun konsep penanganan dengan mencari solusi teknologi yang akan digunakan.

“Penurunan permukaan tanah di Jakarta adalah satu masalah lintas generasi yang harus ditangani secara serius dan jangka panjang,” kata Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Menurut dia, pemprov akan mencontoh kota-kota di negara maju lainnya, yang bisa menyelesaikan persoalan tersebut. Anies menyebut salah satu kota yang serius menangani persoalan itu adalah Tokyo, Jepang.

“Jepang itu mengalami penurunan permukaan tanah luar biasa, terutama di Tokyo, mereka ada usaha yang sangat serius. Saya berharap kami bisa merumuskan langkah yang tepat dalam jangka panjang,” ucap dia.

BACA JUGA: Khofifah dan Yenny Wahid Temui Anies di Balai Kota DKI

Saat ini, Anies tengah berkoordinasi dengan Japan International Cooperation Agency (JICA). Dalam kerja sama itu, disusun beberapa kelompok kerja. Pertama, bidang data informasi yang mengumpulkan dan menganalisis data serta sistem pengendalian.

Kedua, bidang mitigasi yang bertugas menyusun tindakan dan kebijakan untuk membatasi pengambilan air tanah. Ketiga, bidang adaptasi yang bertugas menginvestigasi dampak penurunan serta upaya pemulihan.

“Kemudian ada bagian peningkatan kesadaran, lalu juga untuk organisasi pengelolaan antarlembaganya,” ujar Anies.

Editor : Khoiril Tri Hatnanto

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2CsMcqT
January 16, 2019 at 10:27PM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2CsMcqT
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Atasi Penurunan Muka Tanah di Jakarta, Anies Belajar dari Tokyo"

Post a Comment

Powered by Blogger.