Search

Polisi Israel Tangkap Gubernur Yerusalem dari Palestina

TEPI BARAT, iNews.id - Kepolisian Israel kembali menangkap gubernur Yerusalem dari Palestina, Adnan Gheith, untuk kedua kali. Gheit ditangkap terkait kasus penjualan lahan oleh warga Amerika Serikat (AS) keturunan Palestina.

Juru bicara kepolisian Israel Micky Rosenfeld mengatakan, Gheith ditangkap di Yerusalem timur pada Sabtu (24/11/2018) malam. Dia tak menjelaskan detail penangkapan tersebut.

Dia akan dibawa ke pengadilan Yerusalem hari ini, namun tak menyebutkan tuduhan yang dikenakan. Polisi menyebut, tuduhan terhadap Gheit akan disampaikan ke publik setelah sidang.

Pada 20 Oktober lalu, Gheith ditangkap dan ditahan selama dua hari untuk diperiksa oleh badan keamanan dalam negeri Shin Bet.

"(Terkait) aktivitas ilegal yang dilakukan (pemerintah otoritas Palestina) di Yerusalem," bunyi pernyataan Shin Bet, dikutip dari AFP, Minggu (25/11/2018).

Setelah itu dia kembali dimintai keterangan di kantornya beberapa kali. Kantor gubernur Yerusalem juga digeledah.

Media Israel melaporkan, Gheith dibawa ke pengadilan karena menangkap seorang warga yang menjual lahannya di Yerusalem timur kepada pemukim Yahudi. Penjualan lahan semacam itu dianggap sebagai pengkhianatan di kalangan warga Palestina yang sedang berjuang mempertahankan tanah mereka dari penguasaan pemukim Yahudi.

Surat kabar Israel, Haaretz, melaporkan pria itu merupakan warga AS keturunan Palestina.

Penasihat senior Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Fuad Hallaq yakin penangkapan ini merupakan bagian dari upaya Israel untuk menekan kepemimpinan Palestina agar membebaskan warga AS tersebut.

Israel menduduki Yerusalem timur dalam perang enam hari pada 1967. Setelah itu mereka mencaplok bagian demi bagian Palestina, langkah yang dikecam komunitas internasional.

Israel menginginkan seluruh Yerusalem timur menjadi ibu kotanya, sementara Palestina mengakuinya sebagai ibu kota masa depan.

Saat ini aktivitas Pemerintah Otoritas Palestina di Yerusalem dibatasi oleh Israel. Pemerintah Otoritas memiliki menteri urusan Yerusalem dan gubernur Yerusalem yang berkantor di Al Ram, bersebelahan dengan tembok pemisah Israel di daerah pendudukan Tepi Barat.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2FHhuiO
November 26, 2018 at 01:34AM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2FHhuiO
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Polisi Israel Tangkap Gubernur Yerusalem dari Palestina"

Post a Comment

Powered by Blogger.