Search

Indonesia Punya 8 Geopark Nasional Baru, 3 di Antaranya Ada di Sumbar

JAKARTA, iNews.id – Delapan geopark atau taman bumi di Indonesia pada hari ini mendapat sertifikat sebagai geopark nasional. Dengan begitu, Indonesia kini memiliki 15 geopark nasional.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyaksikan langsung penyerahan sertifikat pengakuan Status Geopark Nasional kepada delapan pemerintah daerah kabupaten kota tempat masing-masing taman bumi itu berada. Proses penyerahan sertifikat berlangsung di Geopark Pongkor Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Taman bumi yang kini berstatus geopark nasional meliputi Geopark Pongkor di Bogor, Geopark Karangsambung-Karangbolong di Kebumen (Jawa Tengah), Geopark Meratus di Kalimantan, Geopark Silokek di Sijunjung (Sumatera Barat), Geopark Sawahlunto (Sumatera Barat), Geopark Ngaraisianok-Maninjau (Kabupaten Agam, Sumatera Barat), Geopark Natuna di Kepulauan Riau, dan Geopark Banyuwangi di Jawa Timur.

Dalam pidatonya, Arief menyampaikan harapannya kepada para pemimpin daerah agar menindaklanjuti penetapan taman bumi di wilayah masing-masing sebagai geopark nasional dengan berinvestasi untuk mengelola serta mengembangkannya. “Harapannya geopark ini menyejahterakan masyarakat dan semakin melestarikan alam,” kata dia di Bogor, Jumat (30/11/2018).

Bupati Bogor Nurhayanti juga ingin pengakuan Geopark Pongkor-Bogor sebagai geopark nasional menjadi titik awal bagi pemerintah daerahnya untuk mengembangkan wilayah barat yang terdiri atas 18 kecamatan. Geopark Pongkor di Bogor yang luasnya sekitar 132.493 hektare itu terdiri atas Geosite Pongkor, Leuwiliang, Tenjolaya, dan Parung. Bentang alamnya mencakup pegunungan, perbukitan, lembah hingga dataran.

Di antara geopark nasional yang ada di Indonesia, beberapa sudah mendapat pengakuan dari organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya PBB (UNESCO Global Geopark), termasuk Geopark Gunung Batur, Gunung Sewu, Ciletuh, dan Gunung Rinjani.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2Rmr3oD
November 30, 2018 at 09:56PM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2Rmr3oD
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Indonesia Punya 8 Geopark Nasional Baru, 3 di Antaranya Ada di Sumbar"

Post a Comment

Powered by Blogger.