Search

Unicorn Diserbu Investor, Menkeu Sebut karena Incar Data Konsumen

JAKARTA, iNews.id - Pada era revolusi industri 4.0, bisnis sudah berbasis customer centric di mana semua terpusat pada pelanggan. Hal ini membuat data pelanggan sangat penting dimiliki oleh perusahaan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, data-data aktivitas customer menjadi tambang baru bagi sebuah perusahaan. Pasalnya, dari data ini perusahaan bisa mengetahui apa saja minat hingga kebiasaan pelanggan dalam konsumsi.

Data menjadi jalan pintas bagi pebisnis untuk mendapatkan feedback yang akurat dari pelanggan tanpa perlu melakukan survei. Sebab, melalui transaksi online semuanya bisa terekam dengan baik.

"Ini kenapa data is a new mining, jadi tambang baru. Kalau dulu tambang emas, timah, batu bara, berlian, sekarang siapa manusia terkaya semuanya has nothing to do with resources tapi something to do with data and techno," ujarnya di Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Jakarta, Senin (25/2/2019).

Kendati demikian, data sama seperti tambang komoditas yang tidak akan bisa dimanfaatkan jika tidak dieksplorasi dengan baik. Oleh karenanya, pelaku bisnis harus cermat mengelola dan menganalisis data tersebut agar dapat melakukan langkah bisnis yang tepat sasaran.

"Kemampuan negara atau institusi bisa olah data adalah nilai tambah baru. Understanding how people behave, make choices," kata dia.

Hal inilah yang terjadi pada perusahaan unicorn yang saat ini menjadi incaran investor untuk menggelontorkan banyak investasi. Pasalnya, investor-investor ini mengincar data-data pelanggan yang unicorn hasilkan.

"Anda mungkin tidak terbangkan unicorn kita begitu banyak orang invest dan burn money, karena aset dari riset mereka yang diincar," ucapnya.

Berbagai unicorn dari sektor transportasi hingga perdagangan online diserbu oleh investor asing untuk menanamkan modalnya. Investor asing skala besar ini seperti Google, Tencent, JD.com, Astra, Djarum, Microsoft, Toyota Motor hingga Yamaha Motor.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2SmdyVD
February 25, 2019 at 10:06PM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2SmdyVD
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Unicorn Diserbu Investor, Menkeu Sebut karena Incar Data Konsumen"

Post a Comment

Powered by Blogger.