Search

TKN Jokowi-Ma’ruf Tantang Prabowo Buktikan APBN Bocor 25 Persen

JAKARTA, iNews.id - Salah satu juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Misbakhun menantang calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto maupun tim pemenangannya untuk mencari bukti soal kebocoran APBN hingga 25 persen.

Prabowo yang juga ketua umum Partai Gerindra, menurut dia, dapat memerintahkan anak buahnya di DPR guna menelusuri kebocoran anggaran negara tersebut. Demikian disampaikan Misbakhun dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Politikus Partai Golkar ini juga meminta Prabowo Subianto membuktikan pernyataannya tersebut. "Pernyataan Pak Prabowo itu patut dipertanyakan, karena tidak disertai bukti-bukti yang valid," kata Misbakhun.

BACA JUGA:

Prabowo Taksir Anggaran Negara Bocor 25%, Jokowi: Laporkan Saja ke KPK

Prabowo Taksir Kebocoran Anggaran Negara Capai 25%

Pernyataan tersebut, menurut wakil rakyat Jawa Timur II ini, harus dibuktikan secara faktual. "Tidak boleh menuding adanya angka kebocoran anggaran, tapi tidak bisa membuktikan apa pun," ujarnya.

Anggota Komisi XI DPR RI yang membidangi anggaran ini menegaskan, Prabowo hendaknya melengkapi bukti-bukti dan argumentasi untuk menyebutkan ada kebocoran APBN hingga 25 persen.

Selama ini, kata dia, Prabowo Subianto sering melontarkan pernyataan tanpa bukti, sehingga menjadi rumor yang akhirnya menguap begitu saja.

"Kebocoran APBN, mana bukti dan faktanya? Kalau memang kebocoran keuangan negara, harus ada proses hukum. Siapa pelakunya? Karena angka 25 persen dari APBN adalah jumlah yang signifikan," kata Misbakhun.

Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak itu lantas menyinggung soal laporan keuangan Pemerintah Pusat 2016 dan 2017 yang memperoleh predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Misbakhun menyebut predikat WTP itu merupakan prestasi tersendiri bagi pemerintahan Presiden Jokowi. "Capaian WTP itu adalah pertama kali dalam sejarah Republik Indonesia, sejak Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara diberlakukan," ujar Misbakhun.

Ketua Departemen Pengawasan Pembangunan DPP Partai Golkar itu pun meyakini Presiden Jokowi mampu menciptakan pemerintahan yang kredibel. Pemerintahan Presiden Jokowi, dia menambahkan, selalu berupaya menggunakan anggaran secara transparan dan akuntabel.

"Bahkan penggunaan anggaran di APBN bisa diakses oleh masyarakat. Pemerintahan Pak Jokowi menggunakan anggaran demi menyejahterakan masyarakat dan itu sudah terbukti, kata Misbakhun.

Sebelumnya Prabowo saat berpidato pada perayaan ulang tahun ke-20 Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) di Jakarta, Rabu (6/2) mengaku sudah menghitung kebocoran keuangan negara setiap tahunnya. "Taksiran saya, 25 persen dari anggaran itu bocor," katanya.

Editor : Djibril Muhammad

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2WS1Pl5
February 09, 2019 at 12:52AM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2WS1Pl5
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "TKN Jokowi-Ma’ruf Tantang Prabowo Buktikan APBN Bocor 25 Persen"

Post a Comment

Powered by Blogger.