Search

Sejak Awal Tahun, Modal Asing yang Masuk ke RI Hampir Rp50 Triliun

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) menyebut, Indonesia terus dibanjiri modal asing (capital inflow) sejak awal 2019. Aliran dana modal asing yang masuk ke Indonesia hingga kemarin mencapai hampir Rp50 triliun.

"Untuk aliran modal asing masuk year to date (ytd), dari Januari sampai dengan 7 februari, total inflow adalah Rp49,6 triliun," ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo di kantornya, Jakarta, Junat (8/2/2019).

Perry mengatakan, modal asing itu mengalir ke pasar obligasi dan saham. Dana asing yang masuk ke pasar surat berharga negara (SBN) mencapai Rp32,4 triliun, saham Rp15,1 triliun, dan sertifikat bank indonesia (SBI) Rp2 triliun.

Menurut Perry, gencarnya modal asing yang masuk tidak terlepas dari terus membaiknya ekonomi domestik. Dengan begitu, investor asing percaya dengan prospek ekonomi Indonesia.

Ini menunjukan bagaimana confident investor dalam maupun luar negeri terhadap pasar keuangan dalam negeri cukup kuat," ucap Perry.

Pria asal Sukoharjo, Jawa Tengah itu menambahkan, masuknya modal asing itu juga memberikan tenaga bagi kurs rupiah. Rupiah yang sempat menembus level Rp15.000 per dolar AS kembali ke bawah Rp14.000.

"Ini menunjukan juga faktor pergerakan nilai tukar yang memang cukup membaik, bahkan menguat," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2SiEmLA
February 09, 2019 at 02:05AM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2SiEmLA
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sejak Awal Tahun, Modal Asing yang Masuk ke RI Hampir Rp50 Triliun"

Post a Comment

Powered by Blogger.