Search

Reaktivasi IK-CEPA, Kadin Harap RI Tak Lagi Ekspor Bahan Mentah

JAKARTA, iNews.id - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengharapkan perjanjian kerja sama ekonomi komprehensif Indonesia-Korea Selatan (IK-CEPA) dapat memperkenalkan produk Indonesia. Pasalnya, selama ini produk Korea Selatan (Korsel) lebih banyak masuk sementara Indonesia hanya ekspor bahan mentah.

Ketua Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk Korea Jongkie Sugiarto mengatakan, dengan perjanjian IK-CEPA ini produk-produk Indonesia yang masuk ke Korea menjadi lebih banyak dari saat ini. Tak hanya bahan mentah, produk setengah jadi hingga produk jadi asal Indonesia bisa diperkenalkan di Korea.

"Jadi kita maunya jangan kita dijejelin kimchi mulu dari sana, kalau bisa kita jual sambal goreng ke sana yang kalengan," ujarnya di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Indonesia dan Korsel memiliki kemiripan taste makanan yang menjadi favorit masyarakatnya. Oleh karenanya, banyak produk-produk makanan dan minuman asal Indonesia yang berpotensi untuk dipasarkan ke Korsel seperti tempe, emping, kacang mede hingga sambal.

"Kita mau ekspor ke sana, yang kira-kira orang Korea juga suka. Orang Korea suka karokean, kita kasih kacang mede. Saya bilang enggak apa-apa deh saya jadi eksportir kacang mede, emping, tempe goreng. Makanan mereka juga suka pedas," ucapnya.

Selain sektor makanan dan minuman (mamin), Kadin juga melihat potensi pariwisata Indonesia yang bisa ditawarkan ke Korsel. Pasalnya, pendapatan per kapita Korsel jauh lebih tinggi dari Indonesia sehingga bukan hal yang berat bagi negara ini untuk berkunjung ke.

"Jadi mereka sudah bisa berwisata ke Indonesia. Banyak juga sekarang penerbangan saja banyak yang direct dari Seoul ke Bali. Asiana, Korean Air sudah ada," kata dia.

"Sudah banyak juga yang melakukan pernikahannya di Bali sudah bukan Jeju Island lagi. Kalau dulu kan di Jeju Island semua yang generasi tua itu foto background-nya sama Jeju Island," dia menambahkan.

Menurut dia, pengenalan produk Indonesia dapat dilakukan melalui pameran-pameran di Korsel baik pameran perdagangan (trade fair) mamin hingga pariwisata. Kadin juga selama ini menjadi yang menjembatani jika ada pameran di Korsel yang bisa diikuti oleh pedagang mamin maupun pengelola daerah wisata.

"Selain makanan dan minuman, barang produk lain juga banyak yang bisa kita ekspor ke sana. Jalurnya saya usulkan melalui jalur fair, pameran dagang, di situ bagi-bagi apa saja, di sana sewa booth kecil," tuturnya.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2InYAPo
February 19, 2019 at 10:34PM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2InYAPo
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Reaktivasi IK-CEPA, Kadin Harap RI Tak Lagi Ekspor Bahan Mentah"

Post a Comment

Powered by Blogger.