Search

Politikus Muslim Calonkan Diri Jadi Kandidat Perdana Menteri Thailand

BANGKOK, iNews.id - Pemilu Thailand yang akan berlangsung pada 24 Maret 2019 diprediksi berlangsung seru. Pemerintahan junta militer akan berusaha mempertahankan kekuasaannya melalui kandidat petahana Perdana Menteri Prayut Chan o cha.

Selain tokoh militer dan politikus senior, pemilu kali ini juga diramaikan seorang pemuka agama Islam. Dia pernah mengisi jabatan tinggi Thailand dengan menjadi wakil perdana menteri di pemerintahan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra pada tahun 2000-an.

Pria bernama Wan Muhammad Noor Matha itu mengumumkan pencalonannya, Rabu (13/2/2019). Deklarasi diadakan di Provinsi Songkhla dihadiri sekitar 400 ulama yang mewakili 399 masjid. Wan Noor, panggilan akrabnya, maju melalui kendaraan Partai Prachachat, parpol yang baru didirikannya.

Dia menegaskan siap melawan politisi lain, termasuk Prayut.

"Ini akhir dari perang politik," kata Wan Noor, dikutip dari Bangkok Post, Kamis (14/2/2019).

"Meskipun berusia di atas 70 tahun, saya siap untuk menjabat perdana menteri," kata dia, membandingkan dengan Perdana Menteri Malaysia yang sudah berusia 93 tahun.

Sementara itu salah satu program unggulannya jika terpilih menjadi PM adalah membentuk provinsi otonomi di Thailand selatan. Dia berharap bisa mengakhiri konflik puluhan tahun di daerah mayoritas muslim di Pattani.

"Partai kami mendukung partisipasi dan konsultasi publik lebih banyak sehingga orang dapat menentukan masa depan sendiri. Kami akan memberikan otonomi kepada pemerintah daerah," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, meskipun anggota partainya mayoritas beragama Islam, Prachachat, sebagaimana namanya, merupakan partai terbuka bagi semua kalangan.

"Ini partai politik untuk orang dari semua ras dan agama," tutur Wan Noor.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2tmvVju
February 15, 2019 at 02:09AM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2tmvVju
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Politikus Muslim Calonkan Diri Jadi Kandidat Perdana Menteri Thailand"

Post a Comment

Powered by Blogger.