Search

Kebijakan Moneter Global Mulai Kendor, BI: Kita Menjaga Stabilitas

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah negara emerging market mulai melonggarkan kebijakan suku bunga menyusul langkah bank sentral AS, The Federal Reserve yang mengurangi agresivitas kenaikan suku bunga. Bagaimana dengan Indonesia?

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan, sejumlah negara seperti India dan Thailand mengubah arah kebijakan moneternya dari ketat menjadi netral. Hal ini, kata dia, terkait ekspektasi kenaikan suku bunga acuan AS pada 2019 maksimal dua kali.

"Kenaikan suku bunga Fed Fund Rate (FFR) tidak setinggi yang diperkirakan, paling banter 2 kali, mungkin malah 1 kali, mungkin bahkan juga ada yang memperkirakan tidak menaikkan. Tapi itu masih ada uncertainties (ketidakpastian)," kata Perry di Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Dia memahami langkah sejumlah bank sentral karena keputusan tetap di masing-masing negara. Di Indonesia, kata dia, sejumlah indikator ekonomi makro sepanjang 2018 seperti inflasi dan pertumbuhan ekonomi di atas ekspektasi.

"Dan domestic demand-nya yang cukup kuat. Lending juga terus mengalami peningkatan," ucap dia.

Namun, Perry menilai Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah untuk mengatasi defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD). BI bersama pemerintah saat ini tengah fokus memastikan CAD bisa turun.

"Oleh karena itu sampai sejauh ini kami masih memegang bahwa arah kebijakannya itu hampir mencapai puncaknya," ujar dia.

Untuk ke depan, Perry menolak untuk berspekulasi. BI, kata dia, akan terus menggunakan data-data ekonomi sebelum mengambil kebijakan suku bunga. Yang jelas saat ini kebijakan suku bunga diarahkan demi menjaga stabilitas, khususnya untuk menangkis ketidakpastian global.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2SDqUky
February 09, 2019 at 03:02AM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2SDqUky
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kebijakan Moneter Global Mulai Kendor, BI: Kita Menjaga Stabilitas"

Post a Comment

Powered by Blogger.