Search

Jokowi Tunggu Pemilik Konsesi Besar Kembalikan Lahan ke Negara

JAKARTA, iNews.id - Calon presiden (capres) petahana Joko Widodo (Jokowi) menunggu para pemilik konsesi besar mengembalikan lahannya ke negara.

"Jika ada penerima konsesi (tanah dan lahan) besar yang mau mengembalikan ke negara, saya tunggu. Saya tunggu, saya tunggu, sekarang," katanya.

BACA JUGA:

Ratusan Hektare Tanah Prabowo, Jokowi: Apa Saya Pernah Bilang Masalah?

Lahan Ratusan Ribu Hektare, JK: Saya yang Kasih Izin ke Prabowo

Jokowi Sebut Prabowo Miliki Lahan Ratusan Ribu Hektare

Hal itu disampaikan Jokowi saat menyampaikan pidato pada Konvensi Rakyat di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2/2019). "Dan akan saya bagikan untuk rakyat kecil karena masih banyak rakyat yang membutuhkan," ujarnya.

Sebelum menagih kepada pemilik konsesi besar, Jokowi menjabarkan serangkaian program pemerintahannya selama lebih dari empat tahun. Salah satunya adalah perhutanan sosial.

Selama menjadi presiden, Jokowi menyebutkan, pemerintahannya sudah membagikan konsesi tanah atau lahan untuk masyarkat di sekitar hutan mencapai 2,6 juta hektare. Angka tersebut dari total 12,7 juta hektare yang sudah disiapkan.

"Ini adalah konsesi tanah untuk rakyat. Konsensi tanah untuk rakyat kecil," ujar mantan gubernur DKI Jakarta ini.

Sebelumnya, dalam debat Pilpres 2019 putaran dua mencuat tanah ratusan hektare Prabowo Subianto. Dalam debat tersebut Jokowi menyebutkan, Prabowo memiliki lahan 220 hektare di Kalimantan Timur.

Tidak hanya itu, Jokowi menambahkan, Prabowo juga memiliki tanah di Aceh Tengah yang mencapai 120 hektare. Pada kesempatan yang sama, Prabowo membenarkan, memiliki ratusan tanah di dua daerah tersebut.

Prabowo mengatakan, status lahan yang dimilikinya itu adalah hak guna usaha (HGU), yang setiap saat diambil alilh negara. Dia mengaku siap jika suatu saat negara mengambil kembali.

Editor : Djibril Muhammad

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2TjMQBS
February 25, 2019 at 03:40AM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2TjMQBS
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Tunggu Pemilik Konsesi Besar Kembalikan Lahan ke Negara"

Post a Comment

Powered by Blogger.