Search

Bea Cukai Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan 4.309 Bibit Lobster

JAKARTA, iNews.id – Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta (Soetta) menggagalkan penyelundupan bibit lobster senilai Rp4 miliar. Modus pelaku yang digunakan dengan memalsukan izin ekspor barang-barang garmen atau tekstil.

Kepala Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta Erwin Situmorang mengatakan, benih lobster yang diamankan sebanyak dua koper. Satu koper berisi 68 kantong dengan 6.800 ekor benih lobster dan koper lain berisi 70 kantong dengan 27.600 ekor. Total 4.309 benih lobster yang terbagi dalam dua jenis lobster, yakni jenis pasir  dan mutiara.

“Nilai total Rp4 miliar. Mereka benar-benar penyelundupan yang rapi, mereka pakai izin ekspor tekstil,” kata Erwin di Bandara Soekarno Hatta, Senin (25/2/2019).

BACA JUGA: Puslabfor Cek Bangkai Kapal Terbakar di Muara Baru, 18 Saksi Diperiksa

Menurut dia, modus yang digunakan pelaku cukup unik. Yakni, menggunakan izin ekspor barang-barang tekstil. Namun, di dalam koper disisipkan ribuan benih yang dibungkus dalam plastik.

“Mereka mengkonsepnya dengan benar, detail waktunya dan lain-lain. Kita sampai baru melakukan pencegahan di pesawat. Mereka mulai berangkat sampai di pesawat itu sudah bisa dikoordinasikan dengan benar. Ada 4.309 ekor lobster dibungkus plastik pakai oksigen suntik,” tutur dia.

Ribuan lobster tersebut akan diselundupkan ke Singapura. Setelah berhasil diamankan, petugas langsung menerbangkan ke Pangandaran, Jawa Barat untuk dilepaskan kembali ke habitat aslinya.

Sementara Bareskrim Polri dan Bea Cukai tengah melakukan pengejaran terhadap pengirim barang. 

Selain melanggar Undang-Undang tentang Kepabean, penyelundupan lobster juga dilarang berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 56/PERMEN-KP/2016 tentang Larangan Penangkapan dan/atau Pengeluaran Lobster, Kepiting, Rajungan dari Wilayah Republik Indonesia.

Editor : Khoiril Tri Hatnanto

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2NvFJAY
February 25, 2019 at 11:52PM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2NvFJAY
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bea Cukai Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan 4.309 Bibit Lobster"

Post a Comment

Powered by Blogger.