Search

Serangan 20 Jam Hotel Kenya Berakhir, 700 Orang Selamat dan 14 Tewas

NAIROBI, iNews.id - Serangan selama hampir 20 jam di hotel dan kompleks perkantoran DusitD2, Nairobi, Kenya, berakhir Rabu (16/1/2019) siang. Seluruh pelaku terbunuh dalam baku tembak.

Para pelaku meledakkan bom di halaman parkir serta melakukan aksi bom bunuh diri di hotel Dusit, Selasa sekitar pukul 15.30. Setelah itu mereka melepaskan tembakan membabi buta di hotel 101 kamar tersebut serta gedung perkantoran.

Baca Juga: Serangan 12 Jam di Hotel Kenya, 6 Orang Tewas Termasuk Warga AS

Serangan terjadi terus menerus, namun sempat berhenti pada Selasa malam. Di saat bersamaan, ratusan karyawan dan pengunjung terjebak di dalam bangunan selama baku tembak berlangsung.

Presiden Kenya Uhuru Kenyatta mengatakan, semua pelaku terbunuh, namun tak disebutkan jumlahnya. Selain itu, jumlah warga sipil yang diselamatkan selama serangan terjadi berjumlah 700 orang.

Sementara itu soal jumlah korban tewas, Kenyatta menyebut ada 14 orang. Jumlah ini berbeda dengan yang disampaikan dua suumber kepolisian sebelumnya, yakni 15 orang.

Baca Juga: Baku Tembak dan Ledakan di Hotel Kenya Berlanjut, 15 Orang Tewas

"Sekarang saya bisa memastikan, operasi keamanan di Dusit telah berakhir dan semua teroris terbunuh," kata Kenyatta, dalam pidato yang disiarkan televisi nasional, seperti dilaporkan kembali AFP, Rabu (16/1/2019).

Kelompok militan yang berafiliasi dengan Al Qaeda, Al Shahab, mengaku bertanggung jawab. Belum diketahui pasti ada berapa militan yang terlibat dalam serangan ini. Namun polisi mengungkap ada dua pelaku yang ditembak mati dalam operasi siang ini.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2RPEm4p
January 16, 2019 at 10:04PM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2RPEm4p
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Serangan 20 Jam Hotel Kenya Berakhir, 700 Orang Selamat dan 14 Tewas"

Post a Comment

Powered by Blogger.