Search

Chatib Basri Sebut Indonesia Bukan Negara Miskin

JAKARTA, iNews.id - Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto mengatakan pendapatan per kapita riil Indonesia hanya 1.300 dolar AS per tahun, sehingga bisa dikategorikan sebagai negara miskin. Namun, faktanya pendapatan per kapita Indonesia saat ini sekitar 4.000 dolar AS.

Pengamat ekonomi, Chatib Basri menegaskan, status negara miskin atau tidak ditentukan pendapatan per kapita. Dengan begitu, kata dia, seharusnya dengan ukuran yang jelas, status itu tidak perlu diperdebatkan lagi.

"Negara miskin atau tidak, enggak usah debat. Kalau pendapatan per kapita di bawah 995 dolar AS tergolong miskin (lower), 995-3.800 dolar AS lower middle, di atas 3.800 dolar AS upper middle. Indonesia hampir 4000 dolar AS jadi kita antara lower dengan upper middle," kata Chatib di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

BACA JUGA:

Indonesia Disamakan dengan Haiti, Sri Mulyani: Jauh Banget

Selain itu, Menteri Keuangan periode 2013-2014 itu menyebut, kondisi ekonomi Indonesia cukup stabil. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi tetap bertahan di kisaran 5 persen.

"Negara lain struggle (berjuang) tumbuh di atas 3 persen, Indonesia tumbuh 5 persen, mereka ngiri, kok kita tetap bisa tumbuh 5 persen," ujarnya.

Chatib yakin ekonomi Indonesia akan lebih baik dengan situasi yang stabil. Yang jelas, kata dia, perubahan ke arah yang lebih baik bisa dilihat tidak dalam tahunan, tapi dalam rentang yang lebih panjang.

"Masa depan begitu cerah. Saya beberapa bulan lalu ketemu orang Malaysia, bilang Februari dateng ke sini mau nonton Phill Collins (musisi pop rock). 10 tahun lalu enggak mungkin, sekarang bisa," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2R0kffz
January 22, 2019 at 10:41PM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2R0kffz
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Chatib Basri Sebut Indonesia Bukan Negara Miskin"

Post a Comment

Powered by Blogger.