Search

Wakil Kepala PPATK Jabat Regional Representative The Egmont Group Asia Pasifik

DEN HAAG, iNews.id, – Kepercayaan dunia internasional kembali diberikan kepada Indonesia. Wakil Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Dian Ediana Rae dipilih secara konsensus sebagai Regional Representatives (RR) The Egmont Group untuk kawasan Asia Pasifik.

Selain Dian Ediana Rae, terpilih juga Direktur Lembaga Intelijen Keuangan Sri Lanka DM Rupasinghe. Kedua RR baru ini akan memulai kerja besarnya dalam mengoptimalkan komitmen kerja sama lembaga intelijen keuangan (financial intelligence unit/FIU) di kawasan Asia Pasifik selama periode dua tahun ke depan. Mereka akan bertugas mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang dan tindak pidana pendanaan terorisme di kawasan tersebut.

Pemilihan RR menjadi salah satu rangkaian acara dalam kegiatan “The 26th Egmont Group Plenary Meeting” yang diselenggarakan di The Hague, Belanda. The Egmont Group merupakan suatu organisasi internasional yang menghimpun FIU di seluruh dunia.

”Terpilihnya FIU Indonesia sebagai Regional Representatives di kawasan Asia Pasifik, yang merupakan salah satu posisi strategis di The Egmont Group, menunjukkan peran aktif Indonesia pada umumnya dan PPATK pada khususnya dalam menegakkan komitmen anti-pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme (APUPPT),” bunyi siaran pers PPATK, Jumat (5/7/2019).

PPATK menilai posisi strategis RR ini juga menjadi bagian dari keanggotaan Egmont Group Committee (EC) yang memiliki fungsi untuk mengoordinasikan urusan internal hingga urusan terkait forum internasional lainnya, serta mengawasi pelaksanaan tugas-tugas Egmont Group Sekretariat.

Peran sebagai RR dan anggota Egmont Committee ini akan juga membantu peningkatan persepsi positif Indonesia sebagai negara yang menjaga integritas sistem keuangan dan perekonomiannya secara konsisten. Sebelumnya, Indonesia juga telah menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan the Egmont Group Meetings di Jakarta pada Januari 2019 lalu.

Sebagai RR di kawasan Asia Pasifik, Wakil Kepala PPATK akan bertugas menyuarakan kebijakan The Egmont Group kepada Regional Group kawasan Asia Pasifik, sekaligus mengomunikasikan dan merepresentasikan pandangan dan kepentingan Regional Group kawasan Asia Pasifik kepada the Egmont Group dalam proses diskusi dan penetapan kebijakan.

Wakil Kepala PPATK juga akan bertugas secara proaktif memantau perkembangan isu terkait APUPPT seperti pendekatan baru kerjasama dibidang publik-publik (public-public cooperation) dan perkara teknis lainnya seperti keanggotaan di Regional Group di kawasan Asia Pasifik, dimana masih terdapat 16 calon FIU di kawasan yang akan bergabung di Egmont Group.

Kepala PPATK Kiagus Akhmad Badaruddin menyambut baik atas kepercayaan yang diberikan oleh lembaga intelijen keuangan dunia kepada Indonesia. Tak mudah untuk mendapatkan kepercayaan sebesar itu, karena masing-masing anggota The Egmond Group melihat terlebih dahulu implementasi dilakukan dalam mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme.

“Alhamdulillah mereka melihat negara kita melakukan banyak kebaikan dan perkembangan. Saya merasakan sendiri apresiasi yang mereka berikan itu” kata Badar.

Hal yang sama dirasakan pula oleh Dian Ediana Rae dalam pertemuan yang dihadiri oleh hampir seluruh Kepala FIU. Dian merasa bersyukur atas kepercayaan yang diberikan.

“Kepercayaan yang diberikan ini cukup berat dan besar. Pekerjaan besar ini akan dapat terlaksana secara baik, bila kita instansi terkait di Indonesia dapat bekerja secara bersama“ ujar Dian.

Dia pun berharap seluruh Kementerian dan Lembaga terkait di Indonesia bahu membahu secara bersama mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme.

Editor : Zen Teguh

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2xxygtS
July 05, 2019 at 03:05PM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2xxygtS
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wakil Kepala PPATK Jabat Regional Representative The Egmont Group Asia Pasifik"

Post a Comment

Powered by Blogger.