Search

Umumkan Pensiun, Robben: Keputusan Tersulit dalam Karier Saya

UMUNICH, iNews.id – Winger Belanda Arjen Robben akhirnya memutuskan untuk pensiun dari sepak bola di usia 35 tahun. Saat pidato perpisahan, dia mengatakan gantung sepatu merupakan keputusan tersulit yang harus diambil dalam kariernya.

Robben meninggalkan Bayern Muenchen, ketika kontraknya habis di akhir musim ini. Mantan pemain Chelsea dan Real Madrid itu tak memperpanjang kontrak baru yang disodorkan manajemen klub.

Tadinya, pria kelahiran Bedum itu sempat dikabarkan bakal melanjutkan karier. Bahkan sejumlah klub, termasuk dari Belanda, mengungkapkan minatnya menampung sang pemain.

Tapi kini, Robben  lebih memilih untuk mengakhiri karier profesional karena merasa kondisi fisiknya yang tidak memungkinkan. Selama berlaga dengan Die Roten, dia kerap dibekap cedera yang membuatnya absen lama.

“Tanpa diragukan lagi, ini merupakan keputusan tersulit yang harus saya buat dalam karier. Sebuah keputusan di mana hati dan kepala saling bertabrakan,” kata Robben dilansir The Guardian.

“Saya mencintai sepak bola dan memiliki keyakinan untuk mengambil alih dunia. Tapi, kenyataan tidak selalu berjalan seperti yang Anda inginkan. Anda bukan lagi anak laki-laki berusia 16 tahun, yang tidak tidak tahu bagaimana rasanya terluka,” ujarnya.

Pemain kidal itu memulai karier profesionalnya di Klub Belanda Groningen pada 2000. Dua tahun berselang, Robben pindah ke PSV Eindhoven. Penampilan apik membuat Chelsea meminangnya pada 2004.

Tiga tahun meniti karier di London, winger yang terkenal lincah itu hijrah ke Ibu Kota Spanyol untuk berseragam Madrid. Sampai pada akhirnya, Robben memutuskan untuk gabung Bayern pada 2009 dan menikmati sisa kariernya.

Di level klub, Robben total sudah meraih 30 trofi bergensi. Empat di antaranya yaitu trofi liga Belanda, Inggris, Spanyol, dan Jerman. Satu titel paling diingat yaitu ketika menjuarai Liga Champions bersama Bayern pada 2013. Kala itu, dia mencetak gol kemenangan 2-1 atas Borussia Dortmund pada final di Wembley.

Beralih ke level tim nasional, Robben tercatat sudah membela Belanda sebanyak 96 kali dan mencetak 37 gol. Sayang, tak ada piala yang bisa dipersembahkan. Prestasi terbaiknya hanya membawa De Oranje runner-up Piala Dunia 2010 dan peringkat ketiga Piala Dunia 2014.

Editor : Haryo Jati Waseso

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2L2VrVE
July 05, 2019 at 02:38PM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2L2VrVE
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Umumkan Pensiun, Robben: Keputusan Tersulit dalam Karier Saya"

Post a Comment

Powered by Blogger.