Search

Menteri Rini Menginjakkan Kaki di Tambang Freeport Papua usai Dikuasai Indonesia

MIMIKA, iNews.id - Menteri BUMN, Rini Soemarno untuk pertama kalinya menginjakkan kakinya di tambang tembaga dan emas Grasberg. Kunjungan perdana ini dilakukan setelah PT Freeport Indonesia (PTFI) dikuasai pemerintah Indonesia.

"Ini adalah kali pertama saya ke sini, setelah pemerintah memiliki mayoritas 51 persen saham Freeport. Saya harap ini dapat menjadi aset bangsa dan negara yang bisa kita banggakan dan bisa menjadi tempat belajar," kata Rini di Tambang Grasberg, Mimika, Papua, dikutip Minggu (27/7/2019).

Rini mengunjungi tambang bawah tanah (underground) Grasberg yang mempunyai kedalaman hingga 1.700 meter di bawah permukaan tanah. Dalam kesempatan tersebut, Rini didampingi Direktur Utama PT Inalum (Persero) Budi Gunadi Sadikin dan Direktur Utama PTFI, Tony Wenas.

Sebagai Menteri BUMN, Rini mengaku beberapa kali telah diminta untuk mengunjungi tambang raksasa itu. Namun, mantan presiden direktur Astra International tersebut baru memutuskan berkunjung usai PTFI dikuasai Indonesia.

"Biarpun saya sebelumnya diminta untuk meninjau, baru setelah (saham PTFI dimiliki) 51 persen, saya berkunjung ke sini," tutur dia.

Pemerintah lewat Inalum resmi menguasai saham mayoritas PTFI. Secara struktur, PTFI kini berada di bawah kendali Inalum sebagai anak usaha dalam holding BUMN tambang.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2ygtr8L
July 28, 2019 at 02:03PM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2ygtr8L
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menteri Rini Menginjakkan Kaki di Tambang Freeport Papua usai Dikuasai Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.