Search

Soal B100, Menteri Rini Janjikan Bisa Terealisasi pada 2022

JAKARTA, iNews.id - Calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) berjanji jika terpilih akan menggenjot peningkatan biodiesel 20 persen (B20) menjadi B100. Sejak 1 September lalu B20 telah resmi dijalankan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, hal ini bisa direalisasikan namun secara bertahap. Misalnya, setelah produksi B20 akan ditingkatkan kandungan minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) menjadi B50 baru kemudian menjadi B100.

"CPO jadi B50 targetnya tapi nanti ke B100 (bertahap). Harapan kita untuk gantikan solar dengan betul-betul B100," ujarnya di kantornya, Jakarta, Senin (18/2/2019).

Pihaknya bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah melakukan kunjungan ke perusahaan minyak asal Italia, Eni Lubricant Oli. Kemudian memutuskan untuk menugaskan PT Pertamina (Persero) untuk membuat kilang minyak (refinery) di Plaju, Sumatera Selatan bersama Eni.

"Setelah saya ke sana dan Pak Jonan ke sana dan melihat ini adalah teknologi yang baik. Jadi Bu Nicke sudah membuat perjanjian awal dengan Eni untuk membangun refinery di Plaju," ucapnya.

Pembangunan kilang minyak ini memiliki nilai investasi mencapai 800 juta dolar AS. Sebagai langkah awal, refinery ini akan memproduksi CPO menjadi B50. Kemudian dalam waktu tiga tahun diperkirakan sudah bisa mencampurkan CPO 100 persen ke solar atau B100.

"Harapan kita untuk gantikan solar dengan betul-betul B100 bukan hanya pakai CPO. Bisa pakai CPO, bisa pakai ampas tebu, bisa pakai kaliandra, macam-macam," kata dia.

Jokowi dalam debat capres kemarin mengumbar capaian kinerja selama ini dalam pemaparan visi-misi. "Visi kami, adalah Indonesia maju," katanya mengawali pemaparan visi misi pada debat kedua Pilpres 2019 putaran kedua, di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Di bidang energi, mantan gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, akan fokus pada pengurangan pemakaian energi fosil. Tujuannya adalah untuk mengalihkan pemakaian dengan menggunakan biodisel dan green fuel.

"Sudah kami mulai dengan produksi B20, akan kami teruskan sampai B100, sehingga ketergantungan akan fosil akan dikurangi," ujar Jokowi.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2S9OAJ2
February 19, 2019 at 04:09AM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2S9OAJ2
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Soal B100, Menteri Rini Janjikan Bisa Terealisasi pada 2022"

Post a Comment

Powered by Blogger.