Search

Sudah Ditetapkan, Besaran Dana Kelurahan Berkisar Rp350 Juta

MATARAM/TERNATE, iNews.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dikabarkan telah menetapkan besaran dana kelurahan yang rencananya akan disalurkan tahun depan. Namun, belum diketahui formula pemberian dana tersebut.

Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) misalnya, mendapatkan alokasi dana kelurahan sebesar Rp18 miliar. Dana tersebut untuk 50 kelurahan di kota tersebut.

"Dana bantuan kelurahan tersebut sudah masuk dalam APBD 2019, dan kami masih mencari formulasi distribusi ke kelurahan agar bisa merata dan adil," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram H Effendi Eko Saswito di Mataram, Rabu (21/11/2018).

Jika dibagi rata, maka tiap kelurahan akan mendapatkan dana sekitar Rp350 juta. Namun, kata Effendi, Pemkot Mataram tidak mungkin melakukan sistem bagi rata.

"Kami tidak mungkin memberikan anggaran yang sama pada satu kelurahan yang hanya memiliki tiga lingkungan dengan kelurahan yang memiliki 5-10 lingkungan," katanya.

Saat ini, kata dia, Wali Kota Mataram tengah berada di Jakarta untuk mendapatkan penjelasan soal dana kelurahan. Dia mengaku arahan dari pusat penting supaya penggunaan dana kelurahan tidak tumpang tindih dengan dana kelurahan yang sudah dialokasikan dari APBD sebesar Rp50 juta per bulan.

Sementara itu, anggaran dana kelurahan di Pemkot Ternate sudah ditetapkan sebesar Rp27,1 miliar. Jika dibagi 78 kelurahan yang ada, maka setiap kelurahan mendapatkan Rp350 juta.

"Dana ini untuk membangun pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat," kata Anggota Komisi I DPRD Kota Ternate, Junaidi Bahrudin.

Junaidi mengaku belum mengetahui bagaimana penggunaan dana itu. Kendati demikian, dia berharap tidak ada tumpang tindih dengan dana serupa yang sudah ada di APBD. 

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2DPp21e
November 21, 2018 at 11:00PM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2DPp21e
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sudah Ditetapkan, Besaran Dana Kelurahan Berkisar Rp350 Juta"

Post a Comment

Powered by Blogger.