Search

Exit Poll Pemilu Thailand, 2 Partai Besar Gagal Rebut Kursi Mayoritas

BANGKOK, iNews.id - Hasil exit poll pemilihan umum (pemilu) Thailand, Minggu (24/3/2019), partai oposisi Pheu Thai diprediksi mendapat 163 kursi.

Namun jumlah kursi partai yang didukung mantan penguasa Thaksin Shinawatra itu masih jauh untuk menjadi mayoritas, sehingga tak bisa membentuk pemerintahan sendiri.

Masih dari hasil exit poll, partai yang didukung junta militer, Palang Pracharat, memperoleh 96 kursi.

Exit poll digelar lembaga survei Super Poll dan hasilnya dipublikasikan stasiun televisi Thai PBS tak lama setelah tempat-tempat pemungutan suara (TPS) ditutup pada pukul 17.00 waktu setempat.

Jika hasil ini akurat, maka Pheu Thai harus merangkul partai lain guna mencapai angka mayoritas sehingga berhak membentuk pemerintahan.

Demikian halnya dengan Palang Pracharat yang harus membentuk koalisi untuk tetap bisa mempertahankan Prayut Chan O Cha sebagai perdana menteri.

Meski demikian, Palang Pracharat lebih duntungkan oleh aturan yang dibuat oleh pemerintahan junta.

Masyarakat Thailand memilih wakil untuk menduduki 500 kursi DPR yang tersedia. Majelis rendah parlemen dan majelis tinggi Senat, yang ditunjuk sepenuhnya oleh pemerintahan junta yang berkuasa, akan memilih pemerintahan berikutnya.

Thailand berada di bawah kekuasaan militer sejak panglima militer Prayut Chan O Cha menggulingkan pemerintah terpilih pada 2014 yakni adik dari mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, Yinluck.

Prayut kembali dinominasikan oleh Palang Pracharat untuk menjadi Perdana Menteri Thailand berikutnya.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2Fwhxfc
March 25, 2019 at 01:02AM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2Fwhxfc
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Exit Poll Pemilu Thailand, 2 Partai Besar Gagal Rebut Kursi Mayoritas"

Post a Comment

Powered by Blogger.