Search

Aktivitas Manufaktur China Periode Maret Tumbuh

BEIJING, iNews.id - Manufaktur China mencatatkan pertumbuhan positif pada Maret setelah turun dalam empat bulan berturut-turut. Meski data manufaktur positif, tapi ekspor tercatat masih terus merosot karena perang dagang dengan Amerika Serikat (AS).

Mengutip AFP, Minggu (31/3/2019), Indeks Manajer Pembelian, ukuran aktivitas industri China naik menjadi 50,5 pada Maret dari kontraksi bulan sebelumnya dan terendah tiga tahun di 49,2.

Pertumbuhan itu kemungkinan didorong oleh faktor musiman karena industri meningkatkan produksinya setelah liburan Tahun Baru Imlek bulan Februari. Beberapa industri baja dan pembangkit listrik batu bara juga meningkatkan produksi karena pembatasan kabut asap musim dingin berakhir.

Produksi industri juga tumbuh pada laju tercepat dalam enam bulan pada bulan Maret, Biro Statistik Nasional Cina melaporkan, tetapi pesanan ekspor menyusut selama 10 bulan berturut-turut di tengah melambatnya pertumbuhan global dan belum berakhirnya perang dagang dengan AS.

Selama delapan bulan terakhir, Washington dan Beijing telah mengenakan tarif lebih dari 360 miliar dolar AS dalam kebijakan dagangnya, sehingga membebani sektor manufaktur kedua negara. China mengumumkan telah membuat strategi untuk langkah stimulus sehingga bisa meredam dampak perlambatan ekonomi global.

Awal bulan ini, Perdana Menteri Li Keqiang mengumumkan untuk belanja pembangunan, seperti jalan, kereta api, dan proyek infrastruktur besar lainnya. China juga memotong pajak senilai 2 triliun yuan atau setara 297,27 miliar dolar AS untuk mengurangi tekanan pada perusahaan dan memacu sektor ketenagakerkaan.

Cina mengumumkan target pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah dari menjadi 6,5 persen tahun ini, turun dari 6,6 persen pada 2018.

Editor : Ranto Rajagukguk

TAG :

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2I2QYQl
March 31, 2019 at 09:01PM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2I2QYQl
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Aktivitas Manufaktur China Periode Maret Tumbuh"

Post a Comment

Powered by Blogger.