Search

Warga Berhak Minta Kompensasi atas Kemacetan di Tol Cikampek

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengambil keputusan dengan akan menghentikan sementara keberlangsungan dua proyek, yakni pembangunan jalur kereta cepat Jakarta-Bandung dan proyek LRT Jabodetabek, yang ada di sisi ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) km 11 sampai 17.

Kedua proyek infrastruktur itu sengaja dihentikan sementara dengan tujuan untuk memperlancar arus lalu lintas di jalan Tol Japek yang kerapkali dilanda kemacetan mengular.

Sekretaris pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Agus Suyatno menilai, keputusan yang diambil harus punya dasar kuat terkait kepentingan pengguna jalan tol.

Konsumen jalan tol sebenarnya punya hak untuk meminta kejelasan perihal kondisi yang saat ini terjadi di jalan Tol Japek.

"Konsumen di sini dapat meminta kompensasi atas kemacetan di situ. Jika operator jalan tol tak sanggup menanggulanginya, konsumen bisa menuntut. Pembangunan infrastruktur di sana juga harus memerhatikan pengguna tol," ungkapnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (21/11/2018).

Saat ditanya mengenai keputusan menyetop proyek kereta cepat dan LRT, Agus menjawab, Kementerian Perhubungan pasti punya pertimbangan tersendiri. Namun begitu, ia menggarisbawahi, masih ada satu proyek besar lagi di sekitar Tol Japek yang berhasil diloloskan, yakni pembangunan jalan tol layang Jakarta-Cikampek.

"Dari 3 proyek ini, mestinya bisa koordinasi, mana yang lebih urgent. Sekarang eranya bukan kembali ke jalan, tapi ke rel. Kemenhub pasti punya pertimbangan, tapi konsumen juga harus didahulukan," urainya.

Oleh karenanya, ia meminta berbagai elemen yang punya andil mengatur Tol Jakarta-Cikampek, untuk berembuk mengambil keputusan terbaik.

"Apapun keputusannya, itu seharusnya tidak merugikan pengguna jalan tol. Harus ada koordinasi antara pihak pengembang, operator, kepolisian, sampai Kementerian PUPR," ujar Agus.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2R0LI1k
November 21, 2018 at 03:45PM from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2R0LI1k
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Warga Berhak Minta Kompensasi atas Kemacetan di Tol Cikampek"

Post a Comment

Powered by Blogger.