Search

Prabowo-Sandi Gugat Hasil Pilpres 2019 ke MK, Jokowi: Saya Sangat Menghargai

JAKARTA, iNews.id - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno memastikan akan menggugat hasil rekapitulasi suara tingkat nasional Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Pangkalnya, BPN menilai terdapat banyak kecurangan di beberapa daerah.

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi keputusan pesaingnya itu.

"Saya kira, saya sangat menghargai, saya sangat menghargai apabila Pak Prabowo dan Pak Sandi ke MK," kata Jokowi, dalam pidato kemenangannya, di Kampung Deret, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019).

BACA JUGA:

BPN Prabowo-Sandi Siapkan Gugatan Hasil Rekapitulasi Suara Pilpres ke MK

MK Siap Proses Pengajuan Sengketa Pemilu 2019, Ini 11 Tahapan Penanganannya

Hasil Pilpres 2019: Jokowi-Ma’ruf 55,50%, Prabowo-Sandi 44,50%

Menurut dia, menggugat ke MK merupakan bentuk atau cara menempuh jalur konstitusional terkait hasil Pemilu 2019.

"Itu memang sebuah proses (yang) sesuai dengan konstitusi, sesuai dengan hukum dan undang-undang yang kita miliki. Saya sangat mengapresiasi," katanya.

Sebelumnya, Direktur Advokasi dan Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya segera mempersiapkan kelengkapan persyaratan gugatan hasil rekapitulasi suara nasional Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, kapan gugatan akan diajukan dia belum mengungkapkan.

"Menyikapi hasil dari KPU yang sudah mengumumkan rekapitulasi nasional pada dini hari tadi, rapat (BPN) hari ini memutuskan paslon 02 akan mengajukan gugatan ke MK," ujar Sufmi di Kertanegara, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Menurut dia, ada sejumlah hal krusial yang menyebabkan perlu mengajukan gugatan ke MK. Apa saja yang krusial itu dia juga tidak menyebutkan detail.

"Kita melihat ada pertimbangan kemudian hal sangat krusial terutama mengenai perhitungan sangat signifikan yang bisa di bawa ke MK," ucapnya.

Editor : Djibril Muhammad

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2VDT3pk
May 22, 2019 at 12:20AM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2VDT3pk
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Prabowo-Sandi Gugat Hasil Pilpres 2019 ke MK, Jokowi: Saya Sangat Menghargai"

Post a Comment

Powered by Blogger.