Search

Penahanan Sofyan Basir Jalan Masuk KPK Bersihkan PLN dari Korupsi

Liputan6.com, Jakarta - Koalisi Masyarakat Sipil Bersihkan Indonesia mengapresiasi langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas penahanan Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir. Hal tersebut diharapkan jadi awal pembersihan PLN dari praktik korupsi.

Perwakilan Koalisi Masyarakat Sipil Bersihkan Indonesia Hendrik Siregar mengatakan, masyarakat sipil mendukung KPK agar membersihkan sektor ketenagalistrikan dari korupsi, diharapakan usaha ini terus dilanjutkan untuk memperluas penyelidikan ke semua proyek PLTU dalam program 35 ribu megawatt.

Kasus ini juga harus menjadi pintu masuk bagi KPK, untuk menelusuri korupsi yang tidak hanya terjadi di PLTU Riau-1, namun dalam proyek-proyek lainnya.

"Kami apresiasi tindakan tegas KPK dalam menangani kasus korupsi Riau-1. Penahanan ini harus menjadi langkah pertama dalam membersihkan tubuh PLN dan sektor ketenagalistrikan dari segala jenis praktek korupsi," kata Hendrik, di Jakarta, Kamis (29/5/2019).

Perwakilan Masyarakat Sipil dari Indonesian Corruption Watch (ICW) Firdaus Ilyas melanjutkan, KPK harus berani membongkar modus-modus perubahan regulasi yang mengarah pada state capture, sehingga rentan terjadi tindak pidana korupsi dengan adanya kemungkinan ketidakpastian hukum dalam regulasi investasi jangka panjang hanya demi mengakomodir kepentingan orang-orang tertentu.

"Semua proyek di bawah program 35 ribu megawatt patut disoroti oleh KPK. Terdapat berbagai kejanggalan dalam proses perencanaan dan pengadaan di program ini, khususnya terkait PLTU batubara mulut tambang seperti Riau-1. Penunjukan langsung menjadikan proyek-proyek ini rawan korupsi," tuturnya.

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2MgfrFR
May 29, 2019 at 02:28PM from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com http://bit.ly/2MgfrFR
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penahanan Sofyan Basir Jalan Masuk KPK Bersihkan PLN dari Korupsi"

Post a Comment

Powered by Blogger.