Search

Siti Aisyah Bebas, NU: Terima Kasih Pemerintah Indonesia

JAKARTA, iNews.id - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang berhasil memperjuangkan warga negaranya Siti Aisyah sehingga bebas dari segala tuntutan atas dugaan pembunuhan kakak tiri Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam.

Ketua PBNU bidang Hukum, HAM dan Perundang-Undangan Robikin Emhas meyakini putusan yang dikeluarkan Pengadilan Tinggi Shah Alam didapat karena perjuangan Pemerintah Indonesia yang tiada henti terhadap warga negaranya.

"Semangat melindungi warga negara, di mana pun berada, yang dilakukan pemerintah patut diapresiasi," katanya dalam keterangan di Jakarta, Senin (11/3/2019).

BACA JUGA:

Siti Aisyah Akan Tiba di Indonesia Siang Ini

Siti Aisyah Bebas, Menlu Retno: Kewajiban Pemerintah Membela WNI

Perjuangan Panjang Jokowi Bebaskan Siti Aisyah dari Jerat Hukuman Mati

Robikin yang juga berprofesi sebagai pengacara ini menilai, keputusan tersebut memenuhi unsur keadilan, bahkan untuk semua. Keadilan tersebut, layak diterima semua orang dan tidak mengenal siapa pun dia, tanpa pandang bulu.

"Justice for all. Terima kasih Pemerintah Malaysia, terima kasih Pemerintah Indonesia," ujar Robikin.

Sebelumnya, Hakim Pengadilan Tinggi Shah Alam, membebaskan Siti Aisyah dari segala tuntutan atas dugaan pembunuhan kakak tiri Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam. Keputusan itu diambil setelah hakim menyetujui permintaan jaksa penuntut yang membatalkan dakwaan terhadap Siti Aisyah.

"Siti Aisyah dibebaskan. Dia bisa pergi sekarang," kata hakim Azmin Ariffin, di Pengadilan Tinggi Shah Alam seperti dilaporkan AFP, Senin (11/3/2019).

Dalam permintaannya untuk mencabut dakwaan, jaksa Muhammad Iskandar Ahmad tidak memberikan alasan. Dia mengatakan Aisyah bebas untuk meninggalkan negara itu.

Sementara Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memastikan Siti Aisyah akan kembali ke Indonesia pada Senin (11/3/2019) siang ini. "Saudara (SIti) Aisyah rencana siang ini sekitar jam 2 atau jam 3 waktu Indonesia akan dipulangkan ke Indonesia," kata Karo penmas Humas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo di Humas Mabes Polri, Senin (11/03/2019).

Kepulangan Siti Aisyah, dia mengatakan, setelah proses Administrasi selesai dilakukan. "Ada dua kemungkinan (Aisyah pulang) bisa bersama Menteri Kumham (Yasonna Laoly) atau Wakil Duta Besar yang ada di Kuala Lumpur," ujarnya.

Editor : Djibril Muhammad

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2UuQ7LZ
March 11, 2019 at 09:57PM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2UuQ7LZ
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Siti Aisyah Bebas, NU: Terima Kasih Pemerintah Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.