Search

Kementan Beri Bantuan Alsintan Senilai Rp677 Juta ke Petani Karawang

KARAWANG, iNews.id - Kementerian Pertanian (Kementan) menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada petani Karawang. Alsintan senilai Rp677,9 juta ini berupa traktor roda dua 10 unit, cultivator lima unit, pompa air 4 inch 10 unit, dan power thresher multiguna lima unit.

“Kepada kelompok tani yang mendapatkan bantuan ini, kami harap agar dapat dipergunakan semestinya. Alat pertanian ini harus dijaga dengan baik serta dirawat selepas pemakaian. Mudah-mudahan dengan alat ini hasil yang diperoleh petani bisa lebih meningkat lagi,” ujar Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy dalam keterangannya, Selasa (12/3/2019).

Sarwo Edhy mengapresiasi Karawang yang konsisten mempertahankan lahan pertaniannya, bahkan terus berusaha menambah luasannya. Seperti diketahui, Karawang termasuk daerah yang diincar sektor industri, yang berpotensi mengancam lahan pertanian teralih fungsi.

"Tadi Ibu Bupati menyampaikan komitmennya akan mempertahankan lahan pertaniannya agar tidak dialih fungsi. Itu sangat kami apresiasi, sebab produksi beras dari Karawang adalah salah satu penompang kebutuhan nasional," kata Sarwo Edhy.

Sarwo menambahkan, bila ada jaringan irigasi di Karawang yang rusak, juga bisa mengajukan bantuan ke Kementan. Begitu juga dengan asuransi pertanian, Kementan juga siap memberikan subsidi.

"Di Kementan ada bantuan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT). Apabila Karawang membutuhkan RJIT atau pembangunan embun untuk mengairi persawahan, silakan ajukan ke kami," tutur Sarwo Edhy.

Sarwo menyebutkan, Kabupaten Karawang salah satu yang paling tinggi kepeduliannya terhadap asuransi pertanian. Tercatat, pada 2018, dari PAGU Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) 29 ribu hektare, terealisasi 24.700 hektare. Sementara klaim yang terjadi seluas 385 hektare.

"Pemerintah memberi subsidi Rp 144.000 dan petani hanya dibebani Rp36.000 per ha. Sejauh ini, respon petani Karawang terhadap program asuransi pertanian cukup baik," ujar Sarwo Edhy.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2THU4Q1
March 12, 2019 at 10:59PM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2THU4Q1
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kementan Beri Bantuan Alsintan Senilai Rp677 Juta ke Petani Karawang"

Post a Comment

Powered by Blogger.