Search

5 Gejala Kanker Usus Besar yang Kerap Diabaikan, Padahal Perlu Diwaspadai

Penyakit kanker usus besar merupakan penyakit yang mematikan. Namun, kebanyakan orang akan menyadari mengidap kanker saat telah muncul gejala kanker usus besar itu sendiri. Namun sayangnya, gejala kanker usus besar pada tahap awal cukup sulit diidentifikasi.

Pada stadium awal kanker usus tidak menimbulkan gejala apapun, sehingga banyak orang yang mengidap kanker usus besar menyadarinya saat telah berada di stadium lanjut. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui apa saja gejala kanker usus besar yang secara umum muncul sebagai tanda-tanda.

1. Lelah yang berkepanjangan

Gejala kanker usus besar yang pertama adalah tubuh terasa lelah dan tidak bersemangat. Merasakan lelah memang wajar, namun jika rasa lelah ini menjadi berkepanjangan, ada kemungkinan jika hal tersebut gejala kanker usus besar.

2. Sulit buang air besar (BAB)

Usus besar merupakan salah satu organ sistem pencernaan. Gejala kanker usus besar dapat dilihat dari sulitnya buang air besar yang disertai dengan perut kembung. Perubahan saat buang air besar dan perut yang membesar karena dipenuhi oleh tumor akan mempersulit BAB.

3. Tekstur dan konsistensi feses yang berubah

Salah satu gejala kanker usus besar selanjutnya dalah berubahnya tekstur feses sekitar 4 minggu. Feses bisa menjadi bertambah padat lalu keras hingga bertambah cair (diare).

4. Pendarahan saat buang air besar

Hal ini dikarenakan kurangnya konsumsi makanan berserat. Gejala kanker usus besar bisa ditandai dengan pendarahan tersebut. Feses akan berubah warna menjadi lebih gelap. Walaupun terkadang sebagian orang memiliki feses yang berwarna normal namun tetap pendarahan.

5. Penurunan berat badan yang tidak jelas sebabnya

Gejala kanker usus besar juga dapat diperhatikan dari berat badan yang menurun tanpa asalan yang jelas. Hal tersebut karena tubuh kekurangan zat besi akibat pendarahan saat buang air besar. Ditambah lagi dengan efek kelelahan dan lemah. Jika gejala kanker usus besar ini sudah dirasakan, perlu adanya tindakan medis.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2Hdht6b
March 11, 2019 at 02:55PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2Hdht6b
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Gejala Kanker Usus Besar yang Kerap Diabaikan, Padahal Perlu Diwaspadai"

Post a Comment

Powered by Blogger.