Search

Sederet Bahan Ampuh untuk Hilangkan Sensasi Pedas di Mulut

Liputan6.com, Jakarta - Makan makanan yang pedas terkadang mengundang sensasi tersendiri. Tidak hanya meningkatkan selera, ternyata rasa pedas juga dapat menimbulkan rasa ketagihan.

Melansir dari food.ndtv.com, Minggu, 10 Maret 2019, sebenarnya pedas bukanlah rasa, melainkan rangsangan yang mengaktifkan reseptor rasa sakit dan mengirim sinyal ke otak secara langsung yang membantu Anda menafsirkan makanan sebagai pedas.

Saat Anda makan sesuatu yang sangat pedas dan mulut Anda seperti terbakar, berikut beberapa obat yang dapat membantu menghilangkan rasa pedas di mulut.

Susu

Seteguk susu dingin akan menenangkan mulut Anda dan menghilangkan sensasi terbakar. Protein yang disebut kasein yang ada dalam produk susu membantu memecah capsaicin (komponen aktif dari cabai) dan menawarkan sedikit efek samping. Susu adalah minuman pilihan untuk menenangkan makanan pedas.

Tidak seperti air, yang terdiri dari molekul polar, kasein adalah non-polar. Hal ini menghasilkan penolakan, yang berarti mengikat dengan capsaicin dan dengan demikian mencegah mencapai reseptor rasa sakit di mulut.

Gula atau Madu

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa rasa manislah yang melawan rasa pedasnya, kebenaran bukan demikian. Jika Anda memiliki sesendok saus pedas yang luar biasa, mungkin ada baiknya Anda pergi ke dapur dan menaruh setengah sendok teh gula atau madu di lidah Anda.

Jika Anda memiliki gula batu, Anda dapat mengisap satu untuk bantuan serupa. Capsaicin berbahan dasar minyak diserap oleh gula atau madu dan dengan demikian membantu Anda merasa lebih baik.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2Uy61Fe
March 11, 2019 at 02:45PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2Uy61Fe
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sederet Bahan Ampuh untuk Hilangkan Sensasi Pedas di Mulut"

Post a Comment

Powered by Blogger.