Search

Kenali Penyakit Pneumonia dan Gejalanya, Berikut Cara Pengobatannya

Gejala pneumonia secara umum sangat bervariasi, dari yang ringan sampai yang berat. Semua bergantung pada sejumlah faktor seperti jenis kuman yang menyebabkan infeksi, usia, dan kesehatan secara menyeluruh.

Namun, sebagian besar gejala dan tanda-tanda ringan dari penyakit pneumonia mirip dengan pilek atau flu. Bedanya, gejala yang menghampiri tubuh bertahan lebih lama. Lebih lanjut, gejala pneuomonia yang harus diwaspadai adalah sebagai berikut:

1. Demam, berkeringat, dan menggigil

2. Batuk berdahak

3. Nyeri dada ketika bernapas atau batuk

4. Sesak napas

5. Kelelahan

6. Mual, muntah, atau diare

Harus diketahui juga bahwa bayi yang baru lahir dan seorang balita kemungkinan besar tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi. Biasanya, mereka akan muntah, demam, batuk, dan muncul rasa gelisah atau lelah tanpa sebab.

Selain itu, dapat pula dengan menghitung nafas si anak. Napas cepat ini disebut tachypjea. Untuk batasan frekuensi napas umur kurang dari dua bulan adalah 60 frekuensi napas, untuk anak usia 2 sampai 12 bulan adalah 50 frekuensi napas, sedangkan umur untuk anak usia 1 sampai 5 tahun adalah 40 frekuensi napas.

Sementara itu, pada orangtua berusia 65 tahun akan menunjukkan gejala berupa suhu tubuh lebih rendah, dan sistem kekebalan tubuhnya yang melemah. Disebutkan juga, orangtua yang memiliki radang paru-paru, terkadang mengalami perubahan mendadak dalam kesadaran mentalnya.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2CgfERE
March 12, 2019 at 02:45PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2CgfERE
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kenali Penyakit Pneumonia dan Gejalanya, Berikut Cara Pengobatannya"

Post a Comment

Powered by Blogger.