Search

Kementerian ESDM Telah Sediakan 2.288 Sumur Bor Buat 6,6 Juta Jiwa

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyediakan air bersih bagi masyarakat dengan membangun sumur bor, ‎di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Sekretaris Inspektorat Jendral KESDM, Budiyantono mengatakan,‎ sumur bor dengan kedalaman 78-125 m dibangun, memberikan layanan air bersih bagi 2.500 jiwa di desa tersebut.

Desa Pombewe menjadi pusat lokasi penyerahan sumur bor di wilayah Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, Kabupaten Morowali dan Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah.

Sumur bor tersebut dibangun dengan debit air rata-rata 1,9 liter per detik, dengan kapasitas produksi air bersih mencapai 5 ribu liter. Dengan mendapat pasokan listrik dari genset dengan kapasitas 15 kVA = 12 kWatt.

"Manfaat sumur bor ini merupakan salah satu program kegiatan energi berkeadilan Kementerian ESDM yang merupakan perwujudan dari Nawa Cita. Apalagi ini menyangkut tentang percepatan pembangunan Sulawesi Tengah pascagemba pada September tahun lalu, salah satu wujudnya adalah adalah kehadiran air bersih," kata Budiyantono, di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Dia mengatakan, ketersediaan sarana air bersih, bagi masyarakat Sulawesi Tengah merupakan kebutuhan yang paling mendesak saat ini.

Selain itu, ketersediaan air bersih mampu menunjang pembangunan infrastruktur dan peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah tersebut.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2O3iUox
March 11, 2019 at 02:45PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2O3iUox
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kementerian ESDM Telah Sediakan 2.288 Sumur Bor Buat 6,6 Juta Jiwa"

Post a Comment

Powered by Blogger.