Search

Cara Membuat Pola Baju untuk Pemula, Pahami Dasar dan Triknya

Kemudian cara membuat pola baju selanjutnya adalah menentukan pola dasar. Pada umumnya semua pakaian memiliki pola dasar yang sama. Pola dasar terbagi atas beberapa bagian. Bagian tersebut adalah pola dasar atas, pola dasar bawah, pola dasar lengan,serta pola atas dan bawah.

Tentukan jenis baju yang ingin Anda buat, dengan begitu Anda akan dapat menentukan pola mana yang akan dibuat. Jika ingin membuat baju blouse atau kemeja, Anda akan memerlukan pola dasar atas dan pola dasar lengan. Jika ingin membuat baju gamis, gaun, atau terusan lainnya, Anda akan memerlukan pola dasar atas bawah.

Berikut rinciannya :

Pola Dasar Atas

Pola dasar atas merupakan pola baju yang meliputi ukuran bagian bahu sampai pinggang. Pola ini merupakan pola dasar baju atasan. Biasanya pola ini terdiri dari bagian depan dan belakang. Pola ini merupakan pola yang harus Anda jika ingin membuat baju atasan seperti kemeja atau blouse sendiri.

Mulai dengan selembar kertas lalu gambarkan pola dengan ukuran-ukuran yang sudah diukur sebelumnya seperti lingkar kerung lengan, lebar bahu, panjang baju, lingkar dada, lingkar leher, hingga lingkar pinggang.

Pola dasar Lengan

Pola dasar lengan merupakan pola dasar yang dibuat untuk membentuk bagian lengan. Jika ingin membuat lengan pendek gunakan ukuran panjang lengan hingga siku. Sedangkan jika menginginkan lengan panjang, gunakan ukuran panjang lengan hingga pergemangan tangan. Pola dasar lengan ini diperlukan jika Anda ingin membuat pola baju apapun yang disertai dengan lengan.

Pola Dasar Bawah

Pola dasar bawah merupakan pola yang digunakan untuk membuat rok atau celana. Pola ini memang khusus digunakan untuk membuat pola bagian bawah. Ukuran yang diperlukan untuk membuat pola ini biasanya berupa ukuran dari pinggang hingga mata kaki. Pola ini juga terdiri dari pola depan dan belakang.

Pola Dasar Atas dan Bawah

Pola ini merupakan pola yang digunakan saat Anda ingin membuat baju terusan seperti gamis atau gaun. Pola ini merupakan gabungan antara ukuran-ukuran pola atas dan pola bawah.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2FhzIUP
March 16, 2019 at 04:20PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2FhzIUP
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Membuat Pola Baju untuk Pemula, Pahami Dasar dan Triknya"

Post a Comment

Powered by Blogger.