Search

Skimming Kembali Marak, BI Imbau Gunakan Kartu Debit dengan Chip

JAKARTA, iNews.id - Kasus pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan skema skimming kembali marak terjadi di masyarakat. Hal ini kemudian menimbulkan kecemasan bagi banyak nasabah.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo berkomitmen untuk tetap menjaga instrumen kanal pembayaran atau transkasi tetap aman digunakan masyarakat. "Saya kira terus menempuh langkah-langkah untuk memastikan bahwa instrumen kanal pembayaran atau transaksi pembayaran itu adalah aman. Termasuk juga langkah-langkah untuk mengatasi skimming maupun juga yang lain," tutur Perry, di Gedung BI, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Salah satu langkah yang dilakukan BI untuk mengantisipasi terjadinya skimming ialah dengan mendorong peralihan kartu debit berbasis magnetic stripe menjadi chip. Perry meyakinkan bahwa dengan menggunakan chip, skimming tidak akan kembali terjadi.

"Skimming itu biasanya terjadi terjadi pada kartu yang magnetic. Dalam tiga tahun terakhir kami gencarkan dengan menggunakan kartu chip. Kalau kartu-kartu basisnya chip, saya rasa itu tidak akan terkena skimming," ucapnya.

Pasalnya, penggunaan kartu berbasis chip memerlukan beberapa proses verifikasi yang hanya diketahui oleh nasabah. Salah satunya ialah dengan diperlukannya PIN pribadi, barulah kartu dapat digunakan.

Deputi Gubernur BI Sugeng mengatakan, saat ini pengguna kartu berbasis teknologi chip sudah mencapai setengah keseluruhan dari total pengguna. Hal ini diharapkan mampu meminimalkan terjadinya skimming.

"Untuk mengatasi skimming adalah pentingnya migrasi ke standar chip yang mutakhirnya tahun 2019, ini sudah capai 50 persen. Mudah-mudahan dengan adanya koordinasi ini akan semakin berkurang modus mengenai skimming tadi," katanya.

Sebelumnya, BI sudah mewajibkan seluruh perbankan nasional menggunakan kartu pembayaran dengan teknologi chip meliputi kartu anjungan tunai mandiri (ATM)/debit, dan kredit paling lambat pada 2021.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2ujTSIz
March 22, 2019 at 01:08AM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2ujTSIz
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Skimming Kembali Marak, BI Imbau Gunakan Kartu Debit dengan Chip"

Post a Comment

Powered by Blogger.