Search

Hingga Akhir Februari, BI Catat Aliran Modal Asing Masuk Rp63 Triliun

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing masuk ke Indonesia dari awal tahun hingga 28 Februari 2019 sebanyak Rp63 triliun. Aliran modal ini diperkirakan masih akan berlanjut ke depannya.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, modal asing tersebut mayoritas masuk melalui Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp 49,5 triliun. Kemudian, masuk melalui pasar modal dengan pembelian saham sebesar Rp12,6 triliun dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI) sebanyak Rp1,4 triliun.

"Aliran modal asing masuk sampai 28 Februari 2019 secara total year to date Rp63 triliun," ujarnya di Masjid BI, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Menurut dia, angka ini jauh lebih tinggi dari aliran modal asing yang masuk pada Februari 2018 yang hanya Rp6 triliun. Hal ini dikarenakan pada tahun lalu, sejak awal 2018 mulai terjadi pembalikan aliran modal asing akibat normalisasi kebijakan Amerika Serikat (AS).

"Ingat bahwa awal Februari tahun lalu mulai terjadi pembalikan modal asing. Jadi tahun lalu hanya Rp6 triliun yang masuk ke SBN Rp12 triliun tapi yang keluar dari saham Rp7,4 triliun," ucapnya.

Dia melanjutkan, berlanjutnya aliran modal ini khususnya pada portofolio menunjukkan tingkat kepercayaan investor yang masih tinggi kepada Indonesia. Terutama pada positifnya persepsi investor terhadap kebijakan-kebijakan yang ditempuh pemerintah, BI, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta perkembangan pasar.

"Itu menunjukkan bagaimana confident-nya cukup bagus dan ini kita harapkan akan terus berlanjut aliran portofolio asing masuk," kata dia.

Dengan demikian, hal ini sesuai dengan perkiraan BI bahwa neraca pembayaran pada kuartal I-2019 ini akan mengalami surplus. Pasalnya, defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) pada periode ini akan lebih rendah dari kuartal IV-2018 yang sebesar 9,1 miliar dolar AS atau 3,57 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Selain itu, BI optimistis nominal aliran modal asing yang masuk akan lebih besar dari CAD juga membuat neraca pembayaran periode ini akan surplus. "Itu juga menunjukkan bahwa sesuai denga perkiraan kita di Kuartal I 2019 neraca pembayaran diperkirakan akan mengalami surplus," tuturnya.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2IJRftE
March 01, 2019 at 10:29PM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2IJRftE
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hingga Akhir Februari, BI Catat Aliran Modal Asing Masuk Rp63 Triliun"

Post a Comment

Powered by Blogger.