Search

7 Makanan Khas Riau, Kelezatannya Wajib Banget Kamu Cicipi

Makanan khas Riau sangat dipengaruhi dengan makanan Melayu. Hal ini tak lepas dari Suku Melayu yang merupakan masyarakat terbesar yang mendiami daerah ini.

Berdasarkan Sensus Penduduk tahun 2010 menunjukkan bahwa Suku Melayu merupakan masyarakat terbesar dengan komposisi 33.20% dari seluruh penduduk Riau.

Makanan Melayu adalah masakan dari etnis Melayu di Malaysia, Indonesia khusunya bagian dari Sumatera dan Kalimantan Barat, Singapura, Brunei, Thailand Selatan dan Filipina.

Ciri utama dalam masakan Melayu adalah penggunaan rempah-rempah yang cukup banyak. Masakan melayu juga dijenal dengan penggunaan santan yang kaya akan rasa dan karakter kental di setiap hidangannya.

Bahan dasar lainnya adalah belacan (terasi), yang digunakan sebagai bahan dasar untuk sambal, saus yang kaya akan rasa atau bumbu yang terbuat dari terasi, cabai, bawang merah dan bawang putih. Masakan Melayu juga menggunakan serai dan lengkuas yang cukup banyak.

Karakter dari masakan Melayu inilah yang juga ditemui di makanan khas Riau. Makanan khas Riau juga dikenal dengan olahan seafood dengan rempah-rempahnya yang kuat. Riau rupanya mewarisi puluhan resep turun temurun dari nenek moyangnya.

Berikut beberapa makanan khas Riau yang wajib dicicipi saat Anda bertandang ke Provinsi Riau.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2Twus9v
March 12, 2019 at 03:00PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2Twus9v
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Makanan Khas Riau, Kelezatannya Wajib Banget Kamu Cicipi"

Post a Comment

Powered by Blogger.