Search

Survei SMRC: 80 Persen Publik Percaya Kinerja KPU dan Bawaslu

JAKARTA, iNews.id – Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan tingginya tingkat kepercayaan publik dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Menurut hasil survei itu, hampir 80 persen masyarakat Indonesia menaruh kepercayaan pada kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Survei kami menunjukkan, 80 persen rakyat Indonesia percaya pada kemampuan KPU dan Bawaslu. Hanya sekitar 11–12 persen yang tidak yakin dengan kemampuan mereka dalam menjalankan amanat pada Pilpres dan Pileg 2019,” kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, di Jakarta, Minggu (10/3/2019).

SMRC juga membelah persentase ketidakpercayaan publik kepada KPU dan Bawaslu. Menurut lembaga itu, responden yang tidak percaya dengan kinerja KPU dan Bawaslu didominasi oleh pendukung pasangan capres–cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. SMRC menilai, ramainya isu netralitas penyelenggara pemilu seperti kasus hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos, masalah netralitas penyelenggara pemilu, hingga kotak suara kardus, turut memengaruhi persepsi pendukung Prabowo–Sandi dan Jokowi–Ma'ruf terhadap KPU dan Bawaslu.

BACA JUGA: Survei SMRC: Jokowi-Ma'ruf 54,9 Persen, Prabowo-Sandi 32,1 Persen

Dari data itu, jika lebih diperinci lagi, pendukung Prabowo–Sandi yang tidak percaya KPU mencapai 25 persen. Sementara, pendukung Jokowi–Ma'ruf yang tak percaya KPU hanya 5 persen. Selanjunya, pendukung Prabowo–Sandi yang tidak percaya kinerja Bawaslu sebanyak 21 persen, sedangkan pendukung Jokowi–Ma’ruf juga 5 persen.

“Terkait isu tujuh kontainer surat suara tercoblos, 75 persen pendukung Jokowi–Ma’ruf tidak percaya, sedangkan pendukung Prabowo–Sandi yang tak percaya 49 persen. Juga isu kotak suara kardus, 30 persen pendukung Jokowi–Ma’ruf percaya itu bisa menjadi sumber kecurangan, sedangkan pendukung Prabowo–Sandi 47 persen,” ungkap Deni.

Survei dilakukan pada 24–31 Januari 2019, menggunakan metode multistage random sampling (pengambilan sampel secara acak bertingkat) yang melibatkan sebanyak 1.426 responden. Adapun margin of error survei tersebut sebesar 2,65 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2F0edsk
March 11, 2019 at 12:30AM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2F0edsk
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Survei SMRC: 80 Persen Publik Percaya Kinerja KPU dan Bawaslu"

Post a Comment

Powered by Blogger.