Search

Salurkan Kredit Ultra Mikro, Jokowi: Jangan Lupa Bayar Cicilan

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah terus menggenjot penyaluran kredit ultra mikro (UMi). Diharapkan, para nasabah yang mendapatkan fasilitas kredit murah ini patuh membayar cicilan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, UMi merupakan salah satu insturmen pembiayaan untuk mendorong usaha kecil. Namun, dia mengingatkan, instrumen tersebut berbentuk pinjaman, bukan hibah, sehingga harus dikembalikan lagi.

"Perlu saya sampaikan pinjaman ultra mikro diberikan dalam rangka agar memiliki usaha yang baik. Tapi jangan lupa yang nama pinjam itu harus angsur, harus mencicil, harus disiplin," ujar Presiden, Sabtu (2/3/2019).

Pernyataan tersebut disampaikan saat Presiden mengunjungi Tempat Pelelangan Pangkalan Pendaratan Ikan Sodohoa, Kendari, Sulawesi Tenggara. Dalam kunjungan tersebut, dia didampingi oleh Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo.

Jokowi mengatakan, pembayaran pinjaman yang tepat waktu, merupakan bentuk kedisiplinan dalam pertanggungjawaban.
Sebagai pengusaha mebel, dia yakin kredit murah bisa mendongkrak skala bisnis.

"Jangan membayangkan kita kecil terus. Saya alami, mulai dari mikro jadi kecil, dari kecil jadi gede. Semua itu perlu kerja keras," tuturnya.

Mantan Wali Kota Solo ini berharap, omzet pelaku UKM bisa meningkat setelah mendapatkan kredit UMi.

"Kita harapkan nanti kita ketemu lagi tahun depan (omzet) Ibu-Ibu itu sudah sampai Rp5 juta, bisa sampai Rp10 juta, atau bisa lebih dari 10 juta. Tapi hati-hati ini uang pinjaman yang harus dikembalikan," ujar Jokowi.

Kredit UMi merupakan program lanjutan bantuan sosial yang selama ini belum pernah difasilitasi oleh perbankan lewat kredit usaha rakyat (KUR). Kredit ini memberikan plafon pinjaman maksimal Rp10 juta per nasabah dengan bunga 9 persen per tahun.

Pemerintah menunjuk Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sebagai koordinator dan disalurkan oleh sejumlah lembaga seperti PT Pegadaian (Persero), Bahana Artha Ventura, dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Dana kredit ini berasal dari APBN, kontribusi pemerintah daerah dan lembaga-lembaga keuangan, baik domestik maupun global.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2XyekTr
March 03, 2019 at 01:05AM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2XyekTr
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Salurkan Kredit Ultra Mikro, Jokowi: Jangan Lupa Bayar Cicilan"

Post a Comment

Powered by Blogger.